Wednesday, June 19, 2019

TUTUR BHUWANA MAHBAH


TUTUR BHUWANA MAHBAH

 I.            Nama Lontar                      :    Tutur Bhuwana Mahbah
II.            Ukuran Lontar                    :    Panj.       :                       Leb      :
III.            Jumlah Lembaran               :    14 Lembar Lontar
IV.            Aksara/Tulisan Lontar        :    Aksara Bali
V.            Bahasa Lontar                    :    Bahasa Kawi Bali
VI.            Nama Pengarang                :    Dokumen Pusdok Bali               Tahun  : -
Teks aslinya ditulis oleh Ida Bagus Made Jelantik dari Griya Kecicang, Karangasem yang ditulis tahun 1907 saka, 1975 M.
VII.            Nama Penulis/penyalin       :    Tim Pusdok Bali
                                                Dra. I Gusti Ayu Rai Arnita     
                                                Drs. I Gede Sura
                                                Drs. I Wayan Dunia
                                                Drs. Ida Bagus Kade Sindu
                                                Drs. I Gusti Ketut Dalem
                                                Drs. I Wayan Sukayasa
VIII.            Asal Sumber Lontar           :    a.  Nama Rumah             : Griya Kecicang,
                                                                                         Karangasem



BAB I
TOPIK PEMBAHASAN

            Tutur Bhuwana Mahbah adalah salah satu lontar tattwa yang mengandung ajaran Siwa. Dalam satu takep lontar yang diberi judul lontar Tutur Bhuwana Mahbah. Teks ini ditulis dalam 14 lembar lontar yang terdiri dari :
1.      Dari halaman 1b sampai 14a. kalimat awalnya berbunyi : Om awighnam astu. Iti Tutur Bhuwana Mahbah, nga. Dan diakhiri dengan kalimat Hsywa wera bwat upadrawa deni buat utama. Iti Bhuwana Mahbah.
Adapun isi ringkasan singkatnya menguraikan tentang proses terciptanya alam semesta. Bahwa pada mulanya tidak ada sesuatu apapun. Pertama-tama munculah dengan sendirinya Sanghyang Guru Widhi Tunggal yang juga disebut Sanghyang Sunya. Beliau adalah dewanya para dewa, penguasa alam semesta. Gaib ada-Nya. Dari yoga-Nya terciptalah Sanghyang Mareka Jati (Istadewata) demikian seterusnya, berbagai asfek Tuhan itu mawujud dan mencipta isi dunia sesuai dengan kedudukan dan fungsinya.
2.      Teks kedua berjudul Kramaning anak Abrata. Ditulis dalam 5 lembar lontar. Dari halaman 14b sampai dengan 19a. Kalimat awalnya berbunyi : Om awighnam astu. Nihan kramaning anak abrata. Haywa brantajnana, kewalya saprayojananta. Sedangkan kalimat akhirnya berbunyi : Tinangkil dening bhujangga haji, mawang brahmana, rsi sakti kita ring niskala. Telas ring brateki, aja lali, hala.
Isi lainnya adalah tentang aksara Bali, wresastra, swalalita dan modre. Ada berbagai lambang mistik magis yang bersumber dari aksara tersebut. Ajaran ini dapat digunakan untuk berbagai kepentingan, baik untuk kepentingan duniawi maupun untuk berbagai kepentingan rohani. 
3.      Dan teks ketiga berjudul Tutur Kurante Bolong. Ditulis dalam 6 lembar lontar, dari halaman 20a sampai 26b. Kalimat awalnya berbunyi : Om awighnam astu. Iki Tutur Kuranta Bolong, nga. Sedangkan kalimat akhir : … idep akena Sanghyang Agni ring Kunda. Iti Tutur Kuranta Bolong.
Teks Kramaning Anak Abrata atau Sanghyang Tattwa Brata berisikan ajaran tapa-brata. Ada berbagai macam brata, baik sarana, cara melaksanakan brata dan mantra-mantra untuk melaksanakan brata tersebut.
Dan teks ketiga, yaitu Tutur Kuranta Bolong berisikan ajaran kelepasan dan ajaran mistik magis; cara, sarana, mantra dan kegunaannya masing-masing.

Ketiga ajaran inilah yang sepatutnya dipelajari dengan sungguh-sungguh agar dapat mengenal diri sendiri : dari mana asal, apa yang mesti dilakukan dan kemana tujuan hidup ini.



BAB II
ISI LONTAR
Terjemahan Alih Bahasa

A.     Kutipan Lontar Bhuwana Mahbah Tentang Proses Terciptanya Alam Semesta, antara lain :
1b.    Om semoga tidak ada aral melintang
         Inilah yang disebut tutur Bhuwana Mahbah. Patut diketahui oleh ia yang hendak mengabdi kepada dharma, kebenaran. Kepada ia yang ingin berbakti kepada Tuhan. Sebab Tutur Bhuwana Mahbah ini adalah inti sari dari yang baik dan yang buruk. Segala yang diperoleh manusia, Tuhanlah yang menganugrahi. Keburukan yang dilaksanakan, keburukan yang dianugrahi. Kebaikanlah yang selalu ditemuinya sampai dikemudian hari. Sebab Tuhanlah yang menentukan hasil segala perbuatan manusia. Tetapi ada yang cepat memperoleh pahala, ada pula yang jauh kemudian baru memperoleh pahala. Ada yang memperoleh pahala banyak, ada pula yang memperoleh pahala sedikit. Sebab semua yang diperoleh manusia sesungguhnya karena anugrah Tuhan. Jahat perbuatannya, keburukanlah yang diperoleh. Kebaikan yang ia lakukan, kebaikanlah yang diterima. Maka berpegang teguhlah kepada kebenaran. Teruslah berusaha melaksanakan kebijakan. Maka (engkau) memperoleh kerahayuan dikemudian hari.
2b.    Keluar dari adanya yang tidak ada, yang disebut Guru Widhi Tunggal. Disebut juga Sanghyang Sunya. Beliau sungguh-sungguh hening. Dewatanya para dewa. Bhataranya para bhatara. Beliaulah yang menguasai semuanya. Sarinya segala hakekat. Beliau tidak perempuan, tetapi seperti wanita, juga seperti laki-laki. Beliaulah Tuhannya semua manusia. Beliau dapat menjadi ada (nyata) dapat pula gaib. PerwujudanNya seperti budi, sabdaNya bermacam-macam. Beliau sesungguhnya adalah Sanghyang Sunya Hening Jati Widhi.
         Maka Beliau Hyang Sunya beryoga, mengucapkan mantra ajaran utama (weda). Tercipta dari batin yang suci. Demikian nada-Nya : A. Pertemuan yoga-Nya. Dapat dipergunakan sekehendak-Nya. Maka lahirlah Sanghyang Mareka Jati. Disebut juga Guru Tunggal.
-          Sanghyang Guru Reka beryoga, lahirlah Sanghyang Tunggal atau disebut Sanghyang Siwa Reka.
-          Sanghyang Siwa Reka beryoga, lahirlah Sanghyang Parama Wisesa.
-          Sanghyang Para Wisesa beryoga, lahirlah Sanghyang Taya.
3.a    -     Sanghyang Taya beryoga, lahirlah Sanghyang Sadasiwa dan Sanghyang Parama Siwa.
            -     Sanghyang Guru Siwa beryoga, lahirlah Sanghyang Nawasangha, yaitu Sanghyang Iswara, Sanghyang Brahma, dan lahir pula Sanghyang Mretyu Kunda.
         -     Sanghyang Mretyu Kunda beryoga, lahirlah Bhagawan Wrehaspati.
         -     Bhagawan Wrehaspati beryoga, lahirlah Sanghyang Wisnu.
         -     Sanghyang Wisnu beryoga, lahirlah Bhagawan Kasyapa.
         -     Bhagawan Kasyapa beryoga, lahirlah Sanghyang Buddha Kecapi.
         -     Sanghyang Sunya kembali beryoga, lahirlah Pangeran Siddhi.
         -     Pangeran Siddhi beryoga, lahirlah Sanghyang Pertiwi.
         -     Sanghyang Sunya kembali beryoga, lahirlah Sanghyang Jati Sari.
         -     Sanghyang Jati Sari beryoga, lahirlah Sanghyang Akasa.
         -     Sanghyang Sunya kembali beryoga, lahirlah Sanghyang Wijanjana.
         -     Sanghyang Wijanjana beryoga, lahirlah langit.
         -     Sanghyang Sunya kembali beryoga, lahirlah
3.b    -     Sanghyang Siwa Sandhya dan lahir pula Sanghyang Surya.
         -     Sanghyang Sunya kembali beryoga, lahirlah Bhagawan Karin 2.
               Bhawagawan Kharina beryoga, lahirlah Sanghyang Wulan.
-          Sanghyang Sunya kembali beryoga, lahirlah Bhagawan Siwa Prapta.
Bhagawan Siwa Prapta beryoga, lahirlah Sanghyang Lintang.
-          Sanghyang Sunya kembali beryoga, lahirlah Bhagawan Puro Sandhi. Bhagawan Puro Sandhi beryoga, keluarlah api berkobar-kobar.
-          Sanghyang Sunya kembali beryoga, lahirlah Bhagawan Siwaměrtha. Bhagawan Siwaměrtha beryoga, keluarlah air.
-          Sanghyang Sunya kembali beryoga, lahirlah Pangeran Dewi Krěsna. Pangeran Dewi Krěsna beryoga, keluarlah ether, sinar dan angin.
-          Sanghyang Sunya kembali beryoga, lahirlah Bhagawan Siwa Krěsna dan lahir pula Sanghyang Sagara.
Sanghyang Siwa Reka beryoga, lahirlah tanah (bumi) sebagai dasar ruang.
4.a.   -     Sanghyang Sunya kembali beryoga, lahirlah Bhagawan Badawang Nala sebagai dasar bumi. Dan Sanghyang Antabhoga juga sebagai dasar bumi.
         -     Sanghyang Sunya kembali beryoga, lahirlah Sanghyang Bapa Babu. Bapa bernama I Srah, berdiam di samping lubang langit bagian tengah,
               Babu bernama I Tanjěk berdiam di samping lubang langit di bagian kiri. Dan I Kirih Pugeh memegang matahari. I Pita Tukup Jiwa memegang bulan.
-          Sanghyang Guru Reka beryoga, lahirlah semua ini, antara lain : para bidadara dan bidadari; para komara komari, para deta-deti dan Panca Rsi : Rsi Korsika, Rsi Garga, Rsi Metri, Rsi Kurusya dan Rsi Prětanjala.
-          Sanghyang Siwa Reka kembali beryoga, lahirlah Bhagawan Wiswakarma.
-          Sanghyang Sunya kembali beryoga, maka lahirlah laki, perempuan, dan banci. Ialah yang menjadi Guru dari mantaya, mantiga dan maharya.
Ang adalah bintang, matahari dan bulan.
Ung adalah api, air dan angin.

B.     Kutipan Lontar Bhuwana Mahbah Tentang Kramaning Anak Abrata / Sanghyang Tattwa Brata yang Berisikan Ajaran Tapa Brata, antara lain:
15.b. 1.   Mantra berkumur (membersihkan gigi) :
               “Ong Sri bhakti sayogibhyo namah swahav.”
         2.   Mantra berkumur :
               “Ong gangga sarame ca ya namah swaha.”
         3.   Mantra mencuci rambut :
               “Ong ong gagana murtaye namah.”
         4.   Mantra mandi :
               “Ong ong parama ganggamreta ya,
               kora suddhamam swaha.”
         5.   Mantra menyisir rambut :
               “Ong sarwa dewi bhyo namah.”
         6.   Mantra memakai bunga :
               “Ong mahapuspa ya namah.”
         7.   Mantra berhias (berbusana) :
               “Ong halyadri dropadi ya namah.”
         8.   Mantra untuk menghitamkan alis, sasidep :
               “Ong kamo mahadewa dirghayur astu.”
         9.   Mantra mempersembahkan sesajen, labaan :
               “Ong bhaskara sabda bhatari hyang manget,
               Ong sa ba ta a i na ma si wa ya.”
         10. Mantra untuk mempersembahkan caru :
               “Ong dewa caru ya namah,
               Candra dewa ya swaha.”

               Tetapi jika kamu melaksanakan brata usahakanlah berpuasa, tidak makan. Agar usahamu itu berhasil, demikianlah caranya : Karena perbuatan yang baik atau perbuatan yang buruk, pastilah hasilnya di petik menurut perbuatan yang kamu lakukan. Oleh karena itu segeralah kamu melaksanakan perbuatan baik menurut ajaran brata. Hal ini pantas mendapat perhatian yang serius khusus untuk mereka yang hendak mengabdikan diri kepada dharma, untuk memperoleh keberhasilan.

C.     Kutipan Lontar Bhuwana Mahbah Tentang Tutur Kurante Bolong, yang berisikan ajaran kelepasan dan ajaran mistik magis, antara lain :
20b.  Tutur yang patut diketahui oleh ia yang bercita-cita mengabdi kepada dharma, ia yang bercita-cita mengetahui hakekat sejati. Baik kebenaran yang ada di makrokosmos, maupun kebenaran yang ada di mikrokosmos.
         Inilah yang disebut Kanda Lima, yang menjadi isi pustaka, yang dimaksud adalah :
a.       Kedua buah kulit pustaka lontar adalah Nakula dan Sahadewa;
Lembaran lontarnya adalah Arjuna;
Tali lontarnya adalah Bhima;
Sedangkan ajaran yang ditulis dalam lontar itu adalah Dharmawangsa.
b.      Nakula adalah perwujudan dari ibu;
Sahaweda adalah perwujudan dari bapak;
Arjuna adalah daya cipta;
Dharmawangsa adalah hakekat atau keputusan.
Dan Bang adalah Bhima perwujudan energi.

Inilah yang disebut Kanda Pat. Yang dimaksud adalah :
- bayu, energi, berkedudukan di utara;
- sabda, kata, berkedudukan di selatan;
- idep, pikiran, berkedudukan di barat;
- guru berkedudukan di timur.
Itulah yang terlebih dahulu patut diketahui.
21a.  Inilah yang disebut Kanda Telu, yang dimaksud adalah : apah, akasa dan rethiwi.
-          perthiwi, tanah, berwujud di barat;
-          akasa, langit, berwujud di timur;
-          apah, ruang, berwujud di tengah.
Itulah perwujudan kepribadianmu.

Inilah yang disebut Kanda Tunggal. Ketahuilah keberadaannya. Yang dimaksud adalah; Ang Ung Mang.
-          Ang adalah Brahma;
-          Ung adalah Wisnu;
-          Mang adalah Iswara.
Itulah perwujudan dari ruang. Pahamilah tempat dari kepribadianmu. Apakah yang dimaksud dengan embang ?. Embang adalah dharma. Embang adalah Mang. Embang adalh pwi, yang disebut juga Tiga Sana. Itu adalah perwujudan dari pantara, antara. Sebab itu tidak bertepi. Tidak berujung. Tidak berwarna, tetapi berenergi. Tidak bersuara, tetapi bersuara. Itulah perwujudan dari Tiga Sana.





BAB III
TEOLOGI

Nilai Teologi yang terkandung dalam Lontar Bhuwana Mahbah seperti tersebut di atas, antara lain :
1.      Proses terciptanya alam semesta beserta isinya patut diketahui oleh ia yang hendak mengabdi kepada dharma kebenaran. Intisari dari Tutur Bhuwana Mahbah adalah berbakti kepada Sanghyang Pencipta, menerima baik dan buruknya karena Tuhan lah yang menentukan hasil segala perbuatan manusia.
Terciptanya alam semesta ketika tidak ada apa-apa, tidak ada Bumi, tidak ada angkasa, tidak ada matahari, bulan, bintang, tidak ada para dewata, tidak ada makhluk halus disebutkan dalam keadaan kosong (Nirguna Brahman).
2.      Nilai Teologi yang terkandung dalam Tattwa Brata adalah melaksanakan brata sesuai dengan ajaran brata yang telah ditetapkan dan melakukan puja mantra dalam melaksanakan brata dan selalu dibimbing oleh Guru Besar, para Pandhita, Rsi Hyang Saktiman. Apabila lalai dalam melakukan brata tersebut, maka celakalah yang melakukan tersebut.
3.      Nilai Teologi yang terdapat dalam Tutur Kurante Bolong adalah mengetahui hakekat sejati, baik kebenaran yang ada di makrokosmos maupun kebenaran yang ada di mikrokosmos.
Ajaran yang di dapat dalam Tutur Kurante Bolong adalah ajaran pembebasan atman ketika ajal tiba dalam pembebasan jiwa dari pengarug Papa dan kutukan Guru.



BAB IV
PENUTUP

Dengan mengetahui tentang penciptaan alam semesta beserta isinya serta beberapa cara melakukan Bebratan lewat pengucapan mantra dan mengetahui ajaran tentang kelepasan dan ajaran mistis magis, hendaknyalah setelah kita memahami dan mengetahui isi daripada Lontar Bhuwana Mahbah tersebut semestinya kita bertambah keyakinan tentang kebesaran dan anugrah daripada Tuhan Yang Maha Esa (Ida Sang Hyang Widhi Wasa).


No comments:

Post a Comment

PENGESTAWAN PEMANGKU PEMULA - TUNTUNAN PEMANGKU RING SEJERONING NGEMARGIANG DEWA YAJNA LAN BUTHA YADNYA

PENGESTAWAN PEMANGKU PEMULA - TUNTUNAN PEMANGKU RING SEJERONING NGEMARGIANG DEWA YAJNA LAN BUTHA YADNYA (Caru Ayam Brumbun) ...