Sunday, November 18, 2018

Contoh Laporan Praktek Kerja Lapangan Padma Resort Legian



BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Praktik Kerja Industri
            Pariwisita merupakan salah satu faktor ekonomi yang penting di Indonesia khususnya Bali. Perkembangan pariwisata di Bali saat ini sangatlah pesat dan membawa kesejahteraan perekonomian bagi masyarakat Bali sendiri. Pesatnya perkembangan wisata di Bali sendiri dikarenakan banyaknya kunjungan wisatawan ke Bali. Ini tidak lepas dari fakta bahwa Bali memiliki banyak destinasi pariwisiata yang sangat indah serta budaya yang menjadi daya tarik Bali.
            Sebagai langkah untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Bali maka banyak sarana yang didirikan sebagai penunjang pariwisata, seperti : Biro perjalanan, hotel, restoran, dan sarana penunjang yang lainnya. Selain sarana pariwisata, diperlukan SDM yang handal dan kompeten di bidang pariwisata dan perhotelan.
STP Nusa Dua Bali merupakan salah satu instansi Pemerintah yang turut serta dalam pengembangan SDM melalui program pelatihan praktik kerja industri bagi para mahasiswanya. Program pelatihan praktik kerja industri berguna untuk memantapkan mental dan skill mahasiswa yang terjun ke dunia industri, khususnya bidang pariwisata dan perhotelan. Mahasiswa diharapkan mampu bekerja secara profesional, meningkatkan rasa percaya diri, mampu bersaing, mendapat tambahan pengetahuan, memperbaiki attitude serta mampu mengangkat derajat dan citra pariwisata dan perhotelan di Bali.  

B. Tujuan Praktik Kerja Industri
            Praktik kerja industri merupakan salah satu kuliah diluar lingkungan kampus yang berlangsung selama 6 bulan. Tujuan umum dari praktik kerja industri adalah untuk memberi gambaran pada mahasiswa/i pada saat bekerja di bidang pariwisata. Sedangkan tujuan praktik kerja industri secara khususnya antara lain :
1.      Dapat menambah dan mengembangkan ilmu pengtahuan pada masing- masing mahasiswa/i;
2.      Untuk menerapkan ilmu yang telah didapatkan baik itu secara teori maupun  praktek di Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali sehingga pengetahuan (knowledge), kemampuan (skill), sikap (attitude) yang dimiliki oleh penulis menjadi lebih sempurna;
3.      Meningkatkan kemampuan dan keahlian pada saat melakukan setiap pekerjaan;
4.      Agar bisa lebih mengenal dunia kerja dalam bidang sektor pariwisata;
5.      Melahirkan sikap bertanggung jawab, disiplin, sikap mental, etika yang baik serta dapat bersosialisasi dengan lingkungan sekitar;
6.      Untuk mempermudah mahasiswa/i mengenal lebih jauh dunia kerja industri, serta diharapkan mampu menjalin hubungan yang baik antara pihak STP Nusa Dua Bali dengan pihak Padma Resort  Legian, sehingga untuk kedepannya memudahkan kedua belah pihak;
7.      Melatih mahasiswa/i agar dapat membuat suatu laporan yang terperinci dari apa saja yang dikerjakan selama praktik kerja industri.

C. Manfaat Praktik Kerja Industri
Pada pelaksanaan praktik kerja industri semua pihak yang berkaitan mendapat manfaat masing-masing. Adapun manfaat yang didapat :
1.      Manfaat untuk Mahasiswa :
a.       Mahasiswa/i tahu dan memahami pelaksanaan kerja industri yang sebenarnya;
b.      Mahasiswa/i dapat membandingkan dan mempraktekkan ilmu yang didapat di kampus dan yang didapat di hotel;
c.       Mahasiswa dapat melatih communication skill kepada para tamu asing;
d.      Melatih kemampuan adaptasi para mahasiswa/i di dunia kerja;
e.       Mendapat pengalaman bekerja yang berguna untuk masa depan;
f.       Mahasiswa dapat belajar memahami karakteristik tamu sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik pada tamu;
g.      Mengembangkan pengetahuan dan wawasan mahasiswa/i dalam bidang pariwisata;
h.      Dapat membuka peluang untuk bekerja di hotel tersebut.
2.      Manfaat untuk Sekolah Tinggi Pariwisata Bali :
a.       Praktek kerja industri berfungsi tolak ukur sejauh mana teori-teori yang didapatkan di kampus dapat dipraktekan di industri;
b.      Sebagai jembatan untuk hubungan bekerja sama dengan pihak hotel yang akan berguna dikemudian hari;
c.       Sebagai perbandingan sejauh mana pengetahuan teori dan praktek yang didapat di kampus maupun yang diterapkan di industri yang nantinya akan sangat bermanfaat dalam usaha meningkatkan kualitas mahasiswa dan mahasiswi.
3.      Manfaat untuk Padma Resort  Legian :
a.       Trainee dapat membantu kelancaran operasional di hotel;
b.      Dapat kesempatan untuk merekomendasikan trainee yang berpotensi untuk dipromosikan menjadi staf hotel;
c.       Memotivasi manajemen hotel untuk terus berinovasi dan berkreasi demi pengembangan hotel;
d.      Hotel mendapat tenaga kerja potensial dan suasana baru;
e.       Mengurangi beban kerja staf-staf hotel;
f.       Diharapkan mahasiswa dapat memberikan sumbangan pemikiran untuk hotel, sehingga hotel dapat mengembangkan kualitasnya.

D. Landasan Teori
Pada dasarnya teori yang telah didapatkan di kampus sangat membantu penulis dalam melancarkan praktek kerja lapangan yang dilakukan penulis selama 6 bulan. Pengetahuan teori yang telah didapatkan di kampus ada yang memiliki daya dukung yang besar dan yang kecil, meskipun begitu semua teori itu jika diterapkan di lapangan sangat berguna untuk menjalankan praktek kerja lapangan.
Berikut teori teori yang sangat berhubunggan dengan praktek kerja lapangan :
1. Pengertian Hotel
Menurut ketentuan dalam U.U. No. 14 Tahun 1947; Hotel adalah usaha perusahaan yang menyewakan ruang penginapan untuk tamu. Selain itu hotel adalah salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk menyewakan jasa pelayanan penginapan, makan  dan minum serta jasa lainnya (Keputusan Menteri Parpostel Republik Indonesia Nomor KM 94 / HK.103 / MPPT-87)
2. Pengertian Restoran
Menurut Menparpostel No.KM 95/KH.103/MPPT-87 Restoran adalah salah satu jenis usaha jasa pangan yang bertempat disebagian atau seluruh bangunan yang permanen, dilengkapi dengan peralatan dan perlengkapan untuk proses pembuatan, penyimpanan, penyajian dan penjualan makanan dan minuman di tempat usahanya dan memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.
Menurut Agusnawar (2000) restoran adalah: “Bagian dari suatu hotel yang ruang lingkup kegiatannya menyediakan hidangan dan minuman untuk para tamu yang menginap dan untuk umum.
Menurut Suarthana (2006:23) restoran adalah : ”tempat usaha yang komersial yang ruang lingkupnya menyediakan pelayanan makanan dan minuman untuk umum di tempat usahanya.
Dari beberapa pendapat diatas  yang menyebutkan pengertian restoran, dapat disimpulkan restoran adalah suatu tempat atau bangunan yang dikelola secara komersil yang menyelenggarakan pelayanan dengan baik kepada semua tamunya berupa makanan maupun minuman.
3. Pengertian Tata Hidang
Definisi departemen makanan dan minuman secara umum adalah bagian yang mengelola makanan dan minuman, sedangkan definisi departemen makanan dan minuman secara khusus (dilihat dari dunia perhotelan) adalah bagian departemen dari hotel yang mengurus dan bertanggung jawab terhadap kebutuhan pelayanan makan dan minum serta kebutuhan lain yang terkait, dari para tamu yang tinggal maupun tidak di hotel tersebut dan dikelola secara komersial serta profesional.Tugas utama Tata Hidangan adalah memberikan layanan makanan dan minuman.
3. Pengertian Bar
Didalam praktek kerja nyata kita juga harus mengetahui pengetahuan bar dan minuman. Menurut P.P. No. 24 Tahun 1979 menyebutkan bahwa Bar adalah setiap usaha komersial yang ruang lingkup kegiatannya menghidangkan minuman, baik minuman yang mengandung alkohol maupun tidak, untuk umum di tempat usahanya. Minuman merupakan salah satu produk yang banyak dijual di restoran dan bar. Minuman sangat penting untuk kesehatan, karena setiap orang membutuhkan cairan. Minuman dapat didefinisikan sebagai setiap cairan yang dapat diminum, kecuali obat-obatan.
4. Pengertian Menu
Menu sering kali disebut sebagai “Bill of Fare” atau daftar makanan. Menu juga diartikan sebagai “List of prepared dishes which is available to the customer” yaitu sebuah daftar yang berisikan makanan yang tersedia bagi pelanggan. Menu juga dapat diartikan sebagai pedoman yang baik bagi yang menyiapkan makanan (dapur) dan juga merupakan pedoman penuntun bagi yang akan memakannya, karena mereka mempunyai gambaran tentang apa dan bagaimana makanan yang dipesan.


Pada umumnya menu dapat dibagi menjadi empat macam, yaitu :
1.      A‘la Carte yaitu suatu menu dimana susunan makanan dengan harga tersendiri dan tamu bebas untuk memilih.
2.      Table D’Hote adalah menu dimana susunan makanan yang lengkap dengan harga tertentu.
3.      Special Party menu adalah menu yang disusun untuk acara-acara tertentu, misalnya banquet dan cocktail party.
4.      Menu Buffet adalah menu-menu yang hidangannya secara prasmanan, dimana tamu mengambil sendiri makanan di meja prasmanan dengan bebas.
5. Pengertian Stewarding
Dengan adanya mata kuliah ini penulis mengetahui nama alat-alat serta fungsi dari masing-masing cutleris, chinaware, dan glassware digunakan dalam operasional di hotel serta memahami cara pencucian secara manual maupun dengan mesin. Tidak hanya itu, penulis juga bisa mendalami cara penggunaan mesin itu sendiri, mengingat hotel memiliki peralatan yang jumlahnya begitu banyak.
6. Pengertian Waiter
Menurut Marsum (1994: 90) dinyatakan bahwa waiter atau waitress adalah karyawan atau karyawati di dalam sebuah restoran yang bertugas menunggu tamu-tamu sehingga merasa mendapat sambutan dengan baik dan nyaman, mengambil pesanan makanan dan minuman serta menyajikannya, juga membersihkan restoran dan lingkungannya serta mempersiapkan meja makan (table setting) untuk tamu berikutnya.
Berdasarkan pengertian diatas, dapat diartikan bahwa kepuasan dari para tamu erat hubungannnya dengan pelayanan yang diberikan waiter atau waitress itu sendiri. Untuk itu, agar menjadi seorang waiter atau waitress yang profesional serta mampu memberikan pelayanan yang maksimal, maka haruslah mengetahui tugas dan tanggung jawabnya.        

BAB II
GAMBARAN UMUM HOTEL PADMA RESORT LEGIAN

A. Sejarah Singkat Padma Resort Legian
Gambar 2.1 Logo Padma Resort Legian
Padma Resort Legian didirikan pada bulan 15 September 1990. Padma adalah salah satuproperty milik PT. Puri Zuqni yang dioperasikan oleh Puri PadmaManagement. Pemilik Padma adalah Bapak Budi Hartono. Beliau melihat potensi yang sangat besar di lokasi Legian terutama di Lokasi Beach Front.
Padma Resort Legian didirikan dengan nama Bali Padma Hotel yang didirikan  pada tahun 1990 yang beralamat di Jalan Yudistira yang sekarang telah berganti nama menjadi Jalan Padma, Legian. Padma Resort Legian memiliki letak yang  sangat strategis dan jaraknya dari Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali hanya 15 menit, 5  menit  dari Kuta, 20 menit dari Denpasar, 5 menit jalan ke lokasi  art  shop dan butik, 10 menit jalan ke restoran sekitar dan 5 menit dari hiruk pikuknya club malam.
Pada zaman Otonomi Daerah Padma harus mengubah namanya dengan nama yang berbau Indonesia. Sehingga Bali Padma Hotel berubah nama menjadi Hotel  Padma Bali. Namun seiring dengan pesatnya perkembangan hotel dan vila serta semakin banyaknya renovasi, sehingga Hotel Padma Bali mengubah konsepnya menjadi resort yang bertemakan garden. Padma Resort Legian adalah nama dari  Bali Padma Hotel yang dulu. Padma Resort Legian adalah hotel dan resort Bintang 5 dimana semua fasilitasnya memang dibuat demi kenyamanan tamu dan  memberikan kesan A Class and Lux kepada semua tamu.

B. Lokasi dan Fasilitas
           Adapun lokasi Padma Resort Legian dan fasilitas-fasilitasnya yang mendukung eksistensi dari Padma Resort Legian, sebagai berikut :
1.   Lokasi Padma Resort Legian
            Padma Resort Legian berlokasi di Jl. Padma No.1 Legian, Kuta, Bali. Hotel ini dimiliki oleh PT. Puri Zuqni. Padma Resort Legian dikelola oleh Puri Padma Management. President Director di Padma Resort Legian adalah Bapak Tjipjanto Soerjanto. Padma Resort Legian memiliki jarak yang relatif dekat dengan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali,  Kuta Centre,  Denpasar, Pasar Legian, Art Shop, Gallery cinderamata dan pusat perbelanjaan. Padma Resort Legian juga memiliki panorama yang indah terutama keindahan sunset-nya.
            Padma Resort Legian terdiri dari 437 kamar dibangun diatas tanah dengan luas 6,8 hektar yang berbatasan dengan :
a.       Sebelah Utara        : Lahan kosong dan Hotel Melasti
b.      Sebelah Selatan     : Bali Mandira Hotel
c.       Sebelah Barat        : Pantai Legian
d.      Sebelah Timur       : Loji Mini Market dan art shop

2.      Fasilitas Padma Resort Legian
Padma Resort Legian menyediakan berbagai fasilitas yang terbaik untuk membuat tamu yang menginap selalu merasa nyaman dan selalu ingin kembali lagi, berikut fasilitas yang disediakan Padma Resort Legian:
a.       Room
Padma Resort Legian berjumlah 437 kamar diatur dalam taman-taman tropis yang indah. Tamu yang menginap di Suite atau Chalet berhak untuk akses eksklusif ke Garden Club Lounge.
1)            Deluxe Room terdiri dari 65 unit
Deluxe Room terletak bersebelahan dengan lobby. Semua kamar memiliki balkon dengan 1 tempat tidur besar atau 2 tempat tidur single. Kapasitas ruang maksimum adalah 3 dewasa dan anak-anak.
2)            Deluxe Lagoon View terletak di lantai 2 sampai 4.
Fitur pemandangan yang menakjubkan dari kolam renang dari balkon pribadi dan dekorasi berselera tinggi yang menggali warisan pulau kreatif dengan 1 tempat tidur besar atau 2 tempat tidur single. Kapasitas ruang maksimum adalah 3 dewasa dan anak-anak.
3)            Deluxe Chalet terdiri dari 111 unit
Kamar ini dibuat dalam kelompok kecil dari 8 kamar dan sedikit lebih besar dari kamar standar dengan 1 tempat tidur besar atau 2 tempat tidur single. Kapasitas ruang maksimum adalah 3 dewasa dan anak-anak.

4)            Garden Club Chalet terdiri dari 99 unit
Garden Club Chalet serupa dalam ukuran dan tata letak untuk Deluxe Chalet dengan beberapa sentuhan tambahan fasilitas mewah seperti ruang yang komprehensif dan penutup selimut. Kamar ini memiliki teras pribadi dan pemandangan taman yang tenang, menyajikan desain kontemporer Bali dengan 1 tempat tidur besar. Kapasitas ruang maksimum adalah 3 dewasa dan anak-anak.
5)            Premier Club Chalet terdiri dari12 unit
Premier Club Chalet menyediakan area yang luas dengan desain kontemporer dengan tetap menjaga karakteristik Bali. Fitur sofa nyaman diluar teras pribadi yang menghadap ke kebun tropis yang rimbun. Tipe kamar ini sangat dianjurkan untuk berbulan madu atau pasangan yang mencari privasi yang lebih dengan 1 tempat tidur besar. Kapasitas ruang maksimum adalah 3 dewasa dan anak-anak.
6)            Premier Room suite terdiri dari24 unit
Premier Room suite memiliki kamar mandi yang luas dengan pancuran terpisah dan bak mandi. Menyediakan batas intim untuk berbulan madu dengan 1 tempat tidur besar. Kapasitas ruang maksimum adalah 3 dewasa atau 2 dewasa dan 2 anak-anak.

7)            1 Bedroom Balcony Suite terdiri dari 2 unit
1 Bedroom Balcony Suite terletak dekat dengan kolam renang. Fitur tamu terpisah dan ruang makan, balkon pribadi yang besar dengan tempat tidur nyaman, menghadap ke taman dan kolam dengan 1 tempat tidur besar. Kapasitas ruang maksimum adalah 3 dewasa dan anak-anak.
8)            Bedroom Balcony Suite terdiri dari 2 unit
Bedroom Balcony Suite memiliki fitur ruang tamu yang nyaman menghadap ke outdoor di ruang utama. Ruang penghubung telah terpisah telur berbentuk bak mandi dan area mandi dengan 1 tempat tidur besar ditambah 2 tempat tidur single. Kapasitas ruang maksimum adalah 6 dewasa dan anak-anak.
9)            Deluxe Suite terdiri dari 6 unit
Deluxe Suite menawarkan ruang tamu luas, kamar tidur dan dapur dengan 1 tempat tidur besar. Kapasitas ruang maksimum adalah 3 dewasa dan anak-anak.
10)        Deluxe Family Suite terdiri dari 22 unit
Kamar ini terbuat dari interkoneksi Suite Deluxe dengan Garden Club Chalet untuk membuat 2 kamar tidur suite dengan 1 tempat tidur besar ditambah 2 tempat tidur single. Kapasitas ruang maksimum adalah 6 dewasa dan anak-anak.



11)        Presidential Suite terdiri dari 1 unit
Presidential Suite menawarkan 3 vila diisi balkon, lengkap dengan ruang tamu, bar, dapur dan kolam renang pribadi. Kapasitas ruang maksimum adalah 15 dewasa dan 3 anak-anak.
b.      Food and Beverage Outlet
Selain kamar, Padma Resort Legian memiliki tujuh outlet Food and Beverage Service untuk memanjakan para tamunya. Adapun beberapa restoran, antara lain :
1)            Donbiu Restaurant
Restoran yang mampu menampung ± 375 orang yang menyediakan tempat untuk smoking dan non smoking area dan sekarang juga dibuka pavilion yang fungsinya sama seperti Donbiu Restaurant tapi bedanya di pavilion biasanya dijadikan tempat wedding.
Donbiu Restaurant menyediakan meja untuk smoking sebanyak 48 meja, meja untuk non smoking 194 meja, meja yang ada di koridor sebanyak 6 meja, dan di pavilion tersedia juga meja untuk smoking dan non smoking, meja untuk smoking jumlahnya jumlahnya 8 meja dan non smoking jumlahnya 11, melihat tamu yang breakfast di Donbiu Restaurant semakin hari semakin banyak sehingga mengakibatkan tamu mengantre (lining up) untuk mendapatkan meja. Donbiu Restaurant yang mulanya bernama Taman Ayun Restaurant diperpanjang dan ditambahkan meja dan kursi. Donbiu Restaurant dibuka dari pukul 06.30 Wita - 23.00 Wita.
Donbiu Restaurant dibuka untuk breakfast dari jam 06.30 Wita - 10.30 Wita, lunch (khusus jika ada pemesanan atau ada event) dan dinner 18.00 Wita - 23.00 Wita. Donbiu Restaurant adalah coffee shop hotel yang menggunakan buffet service untuk breakfast dan lunch sedangkan untuk dinner Donbiu Restaurant menggunakan A’la Carte dan juga mempunyai Theme Night Dinner. Adapun themes buffet dinner yang diadakan Donbiu Restaurant adalah :
a)         Italian Flavour
        Diadakan setiap hari Senin yang dimulai pukul 18:45 Wita sampai dengan pukul 21:30 Wita. Jenis masakan yang dihidangkan adalah Italian Food seperti pasta, lasagna, pizza dan sphagetti. Selain hidangan yang lezat para tamu juga dimanjakan dengan berbagai hiburan seperti The Coustic Band, dan background music. Harga dari Flavour of Italy Buffet adalah Rp. 398.000 net/orang.
b)         Balinesse Buffet Dinner
Diadakan setiap hari Rabu pada pukul 18:45 Wita sampai dengan pukul 21:30 Wita. Jenis masakan yang dihidangkan adalah Balinesse Food dimana babi guling merupakan salah satu masakan unggulan untuk dihidangkan pada tamu. Dimeriahkan dengan Balinesse Frog Dance yang dimulai pada pukul 19:30 Wita dan berakhir pada pukul 20:00 Wita dilanjutkan dengan penampilan The Lio Koustic Band pada pukul 20:30 Wita sampai 22:30 Wita. Harga yang ditetapkan untuk buffet ini adalah Rp. 398.000 nett/orang.
c)         East Meet West
Diadakan setiap hari Kamis dari pukul 18.30 Wita – 21.30 Wita. Jenis masakan ialah berbagai jenis makanan campuran dari negar-negara yang berada di Asia. Dimeriahkan oleh In House Band Group / background music. Harga untuk dapat mengikuti dinner ini adalah Rp. 398.000 nett/orang.
d)        Tropical BBQ Buffet Dinner
Diadakan setiap hari Jumat pada pukul 18:45 Wita sampai dengan pukul 21:30 Wita. Jenis masakan merupakan berbagai macam BBQ dan steak. Hiburan yang dipertunjukan adalah Balinese Ramayana Dance pada pukul 19:30 Wita sampai pukul 20:00 Wita dan The Ripper Band live performance 20:30 Wita sampai pukul 22:30 Wita. Harga untuk menikmati buffet dinner ini adalah Rp. 398.000 nett/orang.
e)         Indonesian Night Market
Diadakan setiap hari Minggu pada pukul 18:45 Wita sampai pukul 21:30 Wita. Jenis masakan yang dihidangkan merupakan masakan khas Indonesia seperti sate, gulai, dan gado-gado. Dimeriahkan dengan pertunjukan Balinesse Legong Dance mulai pukul 19:30 Wita sampai pukul 20:00 Wita dan juga The Coustic Band pada pukul 20:30 Wita sampai 22:30 Wita. Harga untuk menikmati buffet ini adalah Rp. 398.000 nett/orang.
2)               Seruni & Infinity Pool  Bar
Dibuka pukul 09.00 Wita sampai dengan 19.30 Wita. Menyediakan minuman cocktail dan mocktail dan beragam menu A’la Carte untuk tamu yang berada di areal kolam renang karena bar ini terletak menyatu dengan kolam renang. Untuk grill and bites buka pukul 11.30 Wita sampai dengan 17.00 Wita. Menu yang biasa disajikan antara lain : sandwich, toasted panini, salad, pizza, burger, French fries dan masakan Indonesia. Untuk happy hours dimulai pukul 14.30 Wita – 16.30 Wita.
3)               The Deli
Restoran ini menyatu dengan lobi hotel, terdiri atas 2 bagian yaitu Deli indoor dan Deli deck / terrace. Opening hours pukul 11.00 Wita sampai dengan 23.00 Wita dan dibuka untuk lunch dan dinner.
Restoran ini menyediakan menu A’la Carte, ada pula es krim, kue dan permen. The Deli terdapat bar yang menyediakan minuman cocktail dan mocktail. Ada pula big screen untuk nonton.

4)               The Barong Lagoon Pool  Bar  &  Café
The Barong Lagoon Pool Bar & Café buka dari pukul 10.00 Wita sampai dengan 20.00 Wita yang hanya melayani makan siang saja. Bar ini juga menyediakan minuman cocktail dan mocktail. The Barong Lagoon Pool Bar & Café ini menyediakan masakan Asia dan Barat seperti nasi goreng, mie goreng, burger, hot dog, sausage, French fries dan banyak lagi yang lainnya. Melayani A’la Carte dinning lunch dibuka dari jam 11.30 Wita sampai dengan 20.00 Wita dan pemesanan pada pukul 19.30 Wita.
5)               S.K.A.I  Beach  Club
S.K.A.I Beach Club menyediakan beragam minuman cocktail, menu A’la Carte dan tersedia pula live music. Bar ini berlokasi dekat dengan pantai sehingga sangat cocok untuk melihat sunset. Sunset bar memiliki kapasitas 68 kursi. S.K.A.I Beach Club buka mulai pukul 17.00 Wita sampai dengan 21.00 Wita dan melayani pemesanan makanan mulai pukul 17.00 Wita sampai dengan 21.00 Wita dan minuman pukul 17.00 Wita sampai dengan 20.30 Wita.
6)               Tenkai Japanese Restaurant
Tenkai merupakan Japanesse Restaurant di Padma Resort Legian dengan desain yang minimalis yang mengambil dekorasi ruangan Japanesse style yang membuat tamu merasakan berada di Jepang. Tenkai Japanesse Restaurant meiliki 53 seat untuk indoor dan 12 seat di terrace. Masakan yang disajikan tentu saja masakan-masakan Jepang. Salah satu yang paling menarik di Tenkai Japanesse Restaurant adalah teppanyaki dimana juru masak akan memasak di depan tamu dengan teppan atau grill yang besar. Tenkai hanya buka saat dinner mulai pukul 18:00 Wita sampai pukul 23:00 Wita dan untuk last order pukul 22:30 Wita.
Tenkai hanya melayani A’la Carte dan teppanyaki pada hari Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu. Untuk tepanyaki dibagi menjadi dua seating yaitu:
a)      First seating pada pukul 18:00 Wita-20:00 Wita
b)      Second seating pada pukul 20:15 Wita-23:00 Wita
        Sedangkan pada hari Selasa, Kamis dan Sabtu, Tenkai Restaurant mengadakan themes buffet dinner dan tidak melayani Ala Carte maupun teppanyaki. Adapun jenis-jenis buffet di Tenkai antara lain :
a)      Hanabi, diadakan setiap hari Selasa dan Sabtu mulai pukul 18:45 Wita sampai pukul 21:30 Wita, dengan harga Rp. 398.000 nett/orang. Dimeriahkan dengan hiburan  Fire Dance dan background music.
b)      Family Buffet, diadakan setiap hari Kamis pada pukul 18:45 Wita sampai pukul 21:30 Wita, dengan harga Rp. 398.000 nett/orang dan diskon 50% untuk anak usia dibawah 12 tahun. Hiburan untuk Tenkai Family Buffet Dinner adalah background music.
7)               Room Service
Untuk breakfast, lunch hingga dinner atau cemilan kecil, Padma Resort Legian menyediakan beragam jenis menu makanan set lunch A’la Carte, dari Continental dan Indonesian service 24 hours / 7 days. Hotel ini menyajikan banyak makanan untuk dihidangkan kepada para tamu dipadu dengan pelayanan yang bergaya dan bersahabat dengan menghubungi Room Service dari kamar untuk memesan. Menyediakan Hot Dishes, Cold Snack dan Beverages.
8)               Plumeria Ballroom
Plumerian Ballroom adalah ballroom megah yang dimiliki oleh Padma Resort Legian, yang baru dibuka di akhir tahun 2014. Plumeria Ballroom dibagi atas beberapa bagian yaitu:
http://padmaresortbali.com/images/content/meeting-capacities-s.jpg
3.      Fasilitas Penunjang
Fasilitas penunjang lainnya dimaksudkan untuk menghibur dan lebih mengakrabkan diri dengan lingkungan alam Bali dengan menggunakan fasilitas–fasilitas selain yang disebutkan sebelumnya. Padma Resort Legian juga mempunyai berbagai macam fasilitas lainnya, diantaranya yaitu :
a.       Outdoor Swimmingpool 
Padma Resort Legian mempunyai 3 kolam renang di sebelah Barat, Timur dan didepan family room. Berikut 3 kolam renang yang dimiliki oleh Padma Resort Legian :
1)      Seruni Pool
Seruni Pool terletak di sebelah Barat, di Seruni Pool ini setiap hari diadakan games yang diikuti oleh para tamu yang menginap di Padma Resort Legian. Games dimulai pukul 15.00 Wita –sampai dengan 16.00 Wita.
2)      Barong Lagoon Pool
Barong Lagoon Pool terletak di sebelah Timur area hotel tempatnya didekat bangunan building hotel yang paling diminati para tamu yang ingin menginap di Padma Resort Legian karena view langsung memandang ke kolam renang Barong Lagoon Pool yang sangat indah dan langsung menyentuh air kolam renang di terrace kamar yang berada di lantai satu.


3)      Infinity pool
Kolam renang yang dikhususkan untuk tamu berusia minimal 17 tahun ini memiliki tempat yang sangat nyaman untuk berjemur dan memilik beach view yang sangat indah.
4)      Family Pool
Terletak didepan family room, kolam renang ini dilengkapi dengan beberpa fasilitas permainan anak-anak seperti water slide dan raindrop umbrella.
b.      House Clinic
Klinik yang buka selama 24 jam yang terletak di depan Plumeria Ballroom.
c.       Tennis Court
Tennis court yang disediakan oleh Padma Resort Legian buka dari pukul 06:00 Wita sampai dengan 22:00 Wita ini free for in house guest. Tamu juga bisa menyewa partner sebagai hitting partner dengan harga Rp. 100.000, untuk bola tenis dikenakan biaya Rp. 65.000 net/can, sedangkan untuk raket gratis.
d.      Padma Spa by Mandara
Padma Spa by Mandara terletak dibawah Donbiu Restaurant. Ada beberapa ruangan di dalam Padma Spa by Mandara seperti: café, spa, butik, manicure/pedicure room dan treatment room. Ruangan khusus wanita dan pria juga terdapat ruangan yang terpisah.


e.       Cooking class
Dimaksudkan kepada tamu yang ingin mempelajari berbagai menu yang dimiliki oleh Padma Resort Legian. Cooking class ini diadakan sesuai permintaan tamu dan setiap minggunya selalu ada cooking class berbagai variasi menu yang ingin dipelajari oleh tamu.
f.       Saraswati Retail Shop
Bagi tamu yang ingin berbelanja cinderamata seperti lukisan, patung, sepatu, baju, tas dan berbagi produk seni lainnya, Padma Resort Legian telah menyediakan Saraswati Boutique yang terletak di samping The Deli.
g.      Garden Club
Salah satu tempat lounge yang berada disebelah Barat area Padma Resort Legian. Tempat ini juga untuk tamu-tamu VIP yang sudah menjadi member Padma Resort Legian, mereka menamakannya GC (Garden Club). Dibuka setiap hari mulai pukul 07.00 Wita sampai dengan 22.00 Wita untuk breakfast, last order pada pukul 9.30 Wita dan pada pukul 17.00 Wita sampai dengan 19.00 Wita, free cocktails untuk tamu Garden Club (GC).
h.      Kids Club and Games Centre
Terletak didepan family room, tempat ini di desain khusus bagi anak-anak yang sedang menikmati masa liburannya. Wolly Kids Club and Games Centre juga melatih keterampilan seni serta kerja otak anak-anak juga belajar dan dibimbingi oleh para pembimbing yang bertanggung jawab dan berpengalaman.
i.        Fitness Centre
Padma Resort Legian memiliki tempat olahraga yaitu Fitness Centre yang letaknya bersebelahan dengan Padma Spa by Mandara tepatnya dibagian bawah Pavilion Donbiu Restaurant. Memiliki pendamping dan pelatih yang sudah terlatih sangat baik.
j.        Yoga Class
Fasilitas olahraga lainnya yaitu yoga class, bagi tamu yang ingin belajar yoga bisa mengikuti yoga class ini.
k.      Wedding and Honeymoon
Padma Resort Legian selain hotel tempat untuk liburan hotel ini juga banyak tamu yang memesan untuk wedding. Terdapat paket-paket desain untuk yang merayakan hari pernikahan atau merayakan resepsi mereka di Padma Resort Legian, diantaranya yaitu:
1)      Padma In Royal;
2)      Padma Simpictly;
3)      Padma Elegance, dan
4)      Padma In Style.
Sesuai dengan wedding, Padma Resort Legian juga menyiapkan untuk honeymoon.
4.      Employee Facilities
Untuk semua karyawan maupun trainee yang ada di Padma Resort Bali diberikan beberapa fasilitas yang dapat mendukung kelancaran kegiatan selama mengikuti kegiatan selama di hotel tersebut. Adapun fasilitas yang diberikan adalah:
a.       Seragam (Uniform)         
Seragam yang diberikan pada saat mengikuti kegiatan di Padma Resort Legian disesuaikan dengan outlet tempat mengikuti training.
b.      Loker
Semua karyawan maupun trainee diberikan loker yang berfungsi untuk menyimpan barang atau pakaian pengganti supaya tidak hilang.
c.       Kantin
Semua karyawan termasuk trainee dapat menikmati makanan yang tersedia di kantin satu kali setiap jam istirahat.
d.      Tempat parkir karyawan
Tempat ini berfungsi sebagai tempat memakirkan sepeda motor karyawan. Sedangkan untuk karyawan yang mengendarai mobil dapat memakirkan kendaraanya di tempat yang disediakan.

C. Struktur Organisasi
TABEL 2.1
SUSUNAN ORGANISASI PADMA RESORT LEGIAN
No
Employee Name
Employee Position
1
Tjipjanto Soerjanto
President Director
2
Maria Erika Anggraini
Personal Assistant
3
Tjipto Prayitno
Vice President of Sales & Marketing
4
Thomas Sunardi
Vice President of Finance
5
Satria Darmawan
Vice President of Project & Development
6
Gideon
Director of Purchasing
7
Yuswanti Putu
Corporate Financial Controller
8
Astika I Komang
Corporate Chief Engineer
9
Ardie Allan Permana Urip
Director of Revenue & Distribution
10
Yohanes Hutauruk
Corp. Director of Marketing Communication

No
Employee Name
Employee Position
11
Nandang Suryana
Director of Operations
12
Cynthia Wahyu Kurniawan
Corporate Quality Assurance Manager
13
Degan Septo Suprijadi
Corporate Executive Chef
14
Tandina Sukarno Putri
Senior Sales Manager
15
Ety Setiawati I Gusti Ayu
Corp. Director Human Resources
16
Budi Aryawan Nyoman
Accounting Manager Corporate
17
Christian Michael Unamo
Padma Resident Manager
18
Rina Krisanti Ni Putu
Junior Accounting Manager
19
William Santoso
Hotel Manager
20
Titi Setyarini
Exec. Secretary
21
Lara Frenzel
Executive Pastry Sous Chef
22
Masahiko Morikawa
Japanese Chef
23
Rudy Harrasyid
Executive Sous Chef
24
Theodorus Immanuel Setyo Widhyarto
Executive Sous Chef
25
Periyanti Ida Ayu
Executive Sous Chef
26
Juniartha I Komang Gede
Pastry Sous Chef
27
Jarot Fransisko Pingak
Junior Sous Chef
28
Yani Wulandari Suwanda
Executive Assistant Manager of F&B
29
Gary Galias
F&B Manager
30
Sugiana I Gede Putu
F&B Manager
31
Andre Zachary
Event Manager
32
Tri Sonya Igendhari
Banquet Sales Manager
33
Karmila Made
Assistant Banquet Operation Manager
34
JO Margareth Kamto
SKAI Beach Club Manager
35
Dian Laksmi
Asst. Financial Controller
36
Raras Yoga Ertono
Credit Manager
37
Febryana
Finance Manager
38
Budiana Wayan
Cost Controller
39
Geri Susianto
IT Manager
40
Emi Ishii
Front Office Manager
41
Aradi Dewa Komang
Asst. Front Office Manager
42
Wardana I Gusti Ngurah
Executive Housekeeper
43
Tiles Arnaya Wayan
Asst. Executive Housekeeper
44
Anom Suartika Anak Agung
Gardening Manager - Bali

No
Employee Name
Employee Position
45
Margaretha Wahyu Widyarti Tedja
Asst. Human Resources Manager
46
Christian Eka Cahya
Director of Sales
47
Shiho Yamaguchi
Director of Sales Japan
48
Stanislaus Ferdinandus
Reservation Manager
49
Yuliaty Lawandra
Cluster Sales Manager - Bali
50
Isabella Prasmania
Cluster Marketing Communication Manager
51
Sri Wahyuni
Senior Sales Manager
52
Novianna Liauwan
Sales Manager
53
Rakadana Nengah
Chief Security
54
Cesti Arni Ni Putu
Spa Manager
55
Suhedi Prawoto
Asst. Chief Engineer
Sumber : Padma Resort Legian
Struktur organisasi adalah sebuah susunan unit-unit kerja pada suatu organisasi. Struktur organisasi dapat menunjukan bahwa adanya pembagian kerja di masing-masing unit yang saling berkoordinasi untuk mencapai visi dan misi yang sama. Begitupun dengan Padma Resort Legian, hotel ini memiliki struktur organisasi yang sangat lengkap untuk lebih lengkapnya bisa dilihat dilampiran stukutur organisasi.
Begitu juga untuk struktur F & B Service Departement yang ada di Padma Resort Legian bisa dilihat di lampiran. Sesuai dengan stuktur organisasi tersebut adapun tugas dan tanggung jawab dari masing-masing jabatan tersebut khususnya pada departemen F & B Service Departement diantaranya:
1.      Hotel Manager
Hotel manager merupakan jabatan yang langsung membawahi FB Manager. Jabatan ini memiliki tanggung jawab untuk mengawasi operasional di restoran dan departemen lainnya di hotel dan juga memiliki kewajiban untuk memberi laporan ke Director of Operation.

2.      F & B Manager
F & B Managger bertanggung jawab penuh atas kelancaran operasi secara keseluruhan khusus di F & B Departement baik itu penyiapan dan penyajian makanan, pengadaan dan pemeliharaan peralatan, termasuk menyusun pendapatan dan pengeluaran bulanan dan tahunan.
3.      Assistant F & B Manager
            Bertugas untuk membantu tugas tugas dari F & B Manager dan mengawasi operasional jika F & B Manager berhalangan hadir.
4.      Banquet Sales Manager
       Membawahi langsung banquet coordinator, yang memiliki tugas untuk mempromosikan penyediaan venue, tempat dan dekorasi dalam sebuah event  di Padma Resort Legian.
5.      Restaurant Manager
            Sebagai kordinator seluruh outlet yang ada di Padma Resort Legian serta bertanggung jawab atas kelancaran operasi di masing-masing outlet / restoran.
6.      Banquet Coordinator
            Jabatan yang bertanggung jawab atas segala kelancaran pada sebuah acara atau event seperti : wedding, anniversary, meeting dan gala dinner.
7.      Bar Manager
            Bertanggung jawab atas kelancaran operasional dalam pengadaan, penyiapan, dan penyajian minuman, serta bertanggung jawab untuk mengawasi seluruh kegiatan yang ada di bar.
8.      Banquet Supervisor
Dibawahi langsung oleh Banquet Coordinator yang bertugas untuk mempeerlancar operasional event-event yang diadakan banquet.
9.      Outlet Head
          Bertanggung jawab atas seluruh operasional yang ada di masing-masing outlet yang di pimpinnya, mulai dari pelayanan hingga pengadaan barang serta bertanggung jawab untuk membuat jadwal kerja untuk bawahannya.
10.  Assistant Outlet Head
      Bertugas untuk membantu tugas dari outlet head dan bertanggung jawab atas segala operasional di outlet bila outlet head berhalangan hadir.
11.  Restaurant Captain & Bar Captain
Captain secara umum bertanggung jawab langsung atas kelancaran pelayanan, baik itu di bar maupun di restoran. Captain bertugas untuk membuat side job untuk bawahannya serta bertanggung jawab dalam pengadaan barang dalam oprasional.
12.  Restaurant Reservation
Bertugas untuk menangani reservation themes buffet dinner dan even-even lainnya di Padma Resort Legian.
13.  Waiter/ess
Bertanggung jawab dalam kegiatan operasional restoran, mulai dari set-up table, melayani tamu, hingga proses closing di restoran.


14.  Bartender
Bertanggung jawab atas persipan bar, mencampur, hingga menyajikan minuman pada tamu.

BAB III
PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI

A. Waktu dan Tempat Praktik Kerja Nyata
Praktik kerja industri di Padma Resort Legian penulis lakukan selama 6 bulan pada periode 16 Januari 2018 sampai dengan 15 Juli 2018. Selama periode training penulis berkesempatan tugas di 3 outlet di Padma Resort Legian yaitu Donbiu Restaurant, Sport and Recreation Activity dan Room Service. Berikut adalah waktu pelaksanaan praktik kerja industri di ketiga outlet tersebut :
Tabel 3.1
WAKTU PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI
Outlet Praktik Kerja Industri yang didapatkan penulis
IN
OUT
Don Biu Restaurant
17 Januari 2018
30 April 2018
Sport and Recreaction and Activity
7 Maret 2018
7 April 2018
Room Service
 1 Mei 2018
15    uli 2018

B. Jadwal Pelaksanaan dan Objek Pelaksanaan Praktek Kerja Indrustri
1.      Donbiu Restaurant
Donbiu Restaurant adalah main restaurant yang terdapat di Padma  Resort Legian yang terletak tepat di sebelah Barat dari lobi hotel. Dibuka  dari pukul 06.30 Wita sampai dengan 10.30 Wita untuk breakfast,  kemudian untuk dinner dibuka pada pukul 18.30 Wita sampai dengan  21.30 Wita.
            Di outlet ini ada 4 shift yang digunakan, yaitu :
a.       Morning  Shift  (M3)         =  06.00 Wita s/d 15.00 Wita
b.      Morning  Shift  (MM)        =  05.30 Wita s/d 14.30 Wita

c.       Split  Shift  (SS2& SS3)     =  07.00 Wita s/d 10.00 Wita,  dan 
    18.00 Wita s/d 23.00 Wita
d.      Aternoon  Shift  (A2)         =  14.00 Wita s/d 23.00 Wita
SOP (Standar Oprasional Proscedur) untuk di Don Biu Restaurant.:
a.       Morning Shift (M3)
1)      Membersihkan meja untuk di setup;
2)      Setup table untuk breakfast berupa placemat, dinner fork, dinner knife, napkin, saucer, cup, teaspoon, salt and pepper shaker, sugar bowl, flower vase sesuai dengan prosedur;
3)      Menyiapkan side stand untuk operasional;
4)      Menyiapkan clear up trolley;
5)      Membuat coffee and tea;
6)      Handling breakfast;
7)      Clear up meja tamu bila ada piring dan gelas kotor;
8)      Membersihkan meja tamu yang sudah selesai dan setup ulang untuk tamu yang berikutnya;
9)      Bila clear up trolley sudah penuh, clear up trolley dibawa ke steward area untuk dibersihkan;
10)  Closing buffet bila breakfast time sudah berakhir;
11)  Mengatur meja untuk dipakai dinner;
12)  Melakukan general cleaning di outlet area;
13)  Polish all equipment;
b.      Morning shift (M4)
1)      Membuat coffee and tea untuk keperluan operasional;
2)      Handling Breakfast;
3)      Clear up meja tamu bila ada gelas dan piring kotor;
4)      Membersihkan meja tamu yang sudah selesai dan melakukan setup ulang untuk tamu berikutnya;
5)      Membawa trolley yang sudah penuh dengan clear up ke steward area untuk dibersihkan;
6)      Melakukan general cleaning;
7)      Mengatur meja untuk dinner;
8)      Polishing all equipment;
9)      Mengambil barang di store yang telah dipesan oleh senior untuk keperluan breakfast keesokan harinya;
10)  Membantu setup untuk dinner.
c.       Afternoon Shift ( A2 ) :
1)      Membersihkan semua meja yang akan dipakai untuk dinner;
2)      Setup meja untuk dinner sesusai dengan themes buffetdinner hari itu, karena themes dinner selalu berubah setiap harinya;
3)      Setup table untuk Al’a Carte berupa dinner fork, dinner knife, napkin, B & B plate, B & B knife, salt and pepper shaker, toothpick, flower vase, electric candle;
4)      Menyiapkan dinner plate, soup cup, dessert plate, dan cutteleries untuk di tata di buffet bila ada themes buffet dinner;
5)      Menyiapkan drink list dan food menu;
6)      Menyiapkan wine cooler;
7)      Mendistribusikan cuteleries di setiap side stand untuk dipakai breakfast keesokan harinya;
8)      Menyiapkan clear up trolley untuk operasional;
9)      Mengambil roti di pastry untuk tamu yang ingin Al’a Carte saat dinner time;
10)  Handling dinner;
11)  Bila clear trolley sudah penuh dengan peralatan kotor, bawa ke steward area untuk dibersihkan;
12)  Closing buffet dengan mengambil semua peralatan buffet bila ada themes buffet dinner pada malam itu;
13)  Setup table untuk breakfast untuk keesokan harinya;
14)  Setup dinner plate, dessert plate, dansoup cupdi buffet untuk digunakan keesokan harinya.
GAMBAR  3.1
STANDARD SET UP BREAKFAST AT DONBIU RESTAURANT
  
Text Box:     8   7


 6
              1
                                                                                                                                   
Rounded Rectangle: 5  6













 



                      

Keterangan :
1.         Plasmate
2.         Dinner fork
3.         Napkin
4.         Dinner knife
5.         Salt & peper, sugar
6.         Tea cup + saucer + tea spoon
7.         Table number
8.         Vas flower
Gambar 3.2
STANDAR SETUP DINNER DI DONBIU RESTAURANT
Text Box: 7Text Box: 6Text Box: 5Text Box: 4













Text Box: 3Text Box: 2Isosceles Triangle: 1
Keterangan :
1.         Napkin
2.         Dinner Fork
3.         Dinner Knife
4.         Dinner Spoon
5.         Salt and Paper
6.         Table number
7.         Vas Flower

Gambar 3.3
LAYOUT BUFFET FOR BREAKFAST
Text Box: SoupText Box: AppetizerText Box: Breads Text Box: BARText Box: DessertText Box: Main course



Text Box: MAIN COURSEText Box: DESSERTText Box: BARGambar 3.4
Text Box: SoupText Box: AppetizerLAYOUT BUFFET FOR DINNER
Text Box: Welcome Drink
d.      Prosedur Kerja
1)      Handling Breakfast
a)            Welcoming and greeting the guest with smile;
b)            Tanyakan nomor kamar tamu supaya bisa memasukan data tamu ke micros system;
c)            Escort tamu ke meja yang diinginkan;
d)           Seating the guest and unfolding napkin;
e)            Offering coffee and tea;
f)             Pouring coffee or tea. Always pouring coffe and tea from the right side of the guest;
g)            Clear up the dirty plate, cup and glass. Always excuse before clear up the guest’s table. Ensure the guest’s table always clean from dirty crumb and dirty plate, cup and glass;
h)            Asking for the satisfaction of the guest;
i)              Farewell the guest with smile.
2)      Handling dinner
1)            Greeting the guest with smile;
2)            Check the reservation of guest;
3)            Escort the guest to the table;
4)            Unfolding the guest’s napkin;
5)            Present the beverage list and upsell the beverage;
6)            Present the food menu and always upsell;
7)            Take the beverage order and repeat the order;
8)            Serve beverage to the guest;
9)            Take the food order of the guest and repeat the food order;
10)        Presenting wine list to the guest and upsell the wine;
11)        Adjust cutelry;
12)        Serve bread from left side of guest;
13)        Take the wine order and repeat the wine order;
14)        Served the wine to the guest;
15)        Serve the food start from entrees;
16)        Clear up the dirty plate;
17)        Serve the main course;
18)        Clear up the dirty plate and all unecessery thing on table;
19)        Offer for dessert and presenting dessert menu;
20)        Take the dessert order and repeat the order;
21)        Adjust cutelry for dessert;
22)        Clear up the dirty plate and unecessery thing on table;
23)        Ask for the statifaction of the guest;
24)        Give the guest’s bill and make sure the bill is corerct;
25)        Farewell the guest with smile.
3)      Standar operasional prosedur serving hot / iced coffe & tea :
a)         Greeting tamu yang datang ke Don Biu Restoran “good morning / evening sir/madam?”
b)         Menanyakan tamu dengan sopan “how may I assist you sir/madam? ”;
c)         Bila tamu ingin memesan coffe or tea, persilahkan tamu untuk duduk;
d)        Berikan drink list coffe & tea ke tamu (drink list coffe & tea ada di halaman lampiran);
e)         Take the order pesanan tamu dengan menanyakan “what would you like hot / iced coffee or tea sir/madam”;
f)          Repeat the order;
g)         Laporkan pesanan tamu pada senior untuk di buatkan bill;
h)         Info ke barista/bartender untuk dibuatkan coffee atau tea sesuai dengan pesanan tamu
i)           Serve coffee or tea ke tamu;
j)           Persilahkan tamu untuk menikmati coffee or tea;
k)         Berikan bill kepada tamu, bisa dibayar cash, credit card ataupun room charge. 
2.      Sport  and  Recreation  Activity
Begitu juga di Sport Recreation yang dimana Lagoon  Pool  dibuka  dari jam 07.00 Wita sampai 20.00 Wita, Main Pool dibuka dari jam 07.00 Wita sampai 20.00 Wita Infinity Pool buka dari jam 08.00 Wita sampai  20.00 Wita dan Family Pool buka dari jam 09.00 Wita sampai 18.00 Wita.
            Untuk pembagian shift kerja pada outlet ini  :
a.       Morning  Shift       : 06.00 Wita s/d 15.00 Wita dan
  08.00 Wita s/d 17.00 Wita
b.      Afternoon Shift      : 12.00 Wita s/d 20.00 Wita
SOP (Standar Oprasional Prosedur) untuk di Sport  and  Recreation  Activity:
a.       Morning  Shift;
1)      Mengambil  pool  towel  di  laundry;
2)      Prepare  pool  towel  counter;
3)      Cleaning  and  check   around  pool  area;
4)      Open  mattrass , umbrella,  dan  mengelap  mattrass;
5)      Mengambil  papan  sign  pool  close,  dan  pool  sudah  bisa  dioprasikan;
6)      Set-up  for  yoga  class;
7)      Serve guest  towel;
8)      Membuat  logbook  kegiatan  di  morning  shift;
9)      Membersihkan  lapangan  tenis.
b.      Afternoon  Shift
1)   Mengambil  pool  towel  di  laundry.
2)   Cleaning  and  check   around  pool  area.
3)   Mengadakan  games  di  pool (hanya  untuk  di  main  pool).
4)   Closing  time  double check  pool  area  dan  memasang  papan  sign  pool  close.
3.      Room Service
Periode praktik kerja industri di Room Service penulis mendapatkan 3 shift kerja yaitu :
a.       Morning shift  ( M7 )         : Mulai dari pukul 09:00 Wita -  18:00 Wita
b.      Morning shift ( M0 )          : Mulai dari pukul 12:00 Wita – 21:00 Wita
c.       Afternoon shift ( A2 )        : Mulai dari pukul 14:00 Wita -  23:00 Wita
SOP (Standar Oprasional Prosedur) untuk di Room Service :
a.       Morning Shift (M7)
1)      Prepare perlengkapan dan peralatan di room service;
2)      Mempersiapkan perlengkapan alat untuk handling breakfast;
3)      Mempersiapkan welcome fruit untuk tamu yang akan check in;
4)      Handling lunch.
b.      Middle shift (M0)
1)      Handling guest order for lunch;
2)      Membantu untuk mengirim welcome fruit atau welcome cake;
3)      Prepare perlengkapan alat untuk waktu dinner;
4)      Memastikan clear up semua sudah diambil dari kamar tamu.

c.       Afternoon shift ( A2 ) :
1)      Prepare perlengkapan alat untuk dinner seperti kelengkapan cutleries,napkin, highball glass, bread;
2)      Handling special request jika tamu order sebelumnya seperti acara makan malam keluarga, BBQ party, kids party;
3)      Check clearupdi setiap area , K block, NS Area,NU area dan family block;
4)      Handling dinner time;
5)      Prepare perlengkapan alat untuk breakfast.
Gambar 3.5
SETUP BREAKFAST ROOM SERVICE
Can: 10Can: 11                                                       
Text Box: 8Text Box: 7Text Box: 6Text Box: 5Can: 9Can: 13Cube: 12


Text Box: 4








Oval: 4


Oval: 22Oval: 2
3                             1
Keterangan :
1.      Tray
2.      B & B Plate
3.      Napkin
4.      Tea Spoon
5.      Dinner Fork
6.      Dinner Knife
7.      Dessert Spoon
8.      Saucer
9.      Cup
10.  Tea Jug
11.  Coffee Jug
12.  Sugar
13.  Milk Jug
Gambar 3.6
Text Box:  1




                                                            2
  STANDAR SETUP DINNER OR LUNCH FOR ROOM SERVICEText Box: 5Reserved: 3
Text Box: 4
Keterangan :
1.         Tray
2.         Bnb Plate
3.         Napkin
4.         Dinner Knife
5.         Dinner Fork
d.      Prosedur Kerja
1)      Mengirim makanan atau minuman ke kamar tamu (Serving Meals);
2)      Knock the door and mention your department when delivering the food or beverage. Do it for maximum 3 times;
3)      Place the tray on the table and ask the guest to sign the bill;
4)      Before leaving ask the guest to call guest service center for clear up;
5)      Please close the door gently when leaving the guest room.

C. Hubungan Kerja Sama Food & Beverage Service dengan Departement Lainnya
Hubungan kerjasama antara satu departemen dengan departemen lainnya pasti akan terjadi di suatu hotel, begitu pula di Padma Resort Legian. Oleh karena itu untuk bisa mencapai kesuksesan dalam operasional pelayanan makanan dan minuman kepada tamu di masing-masing outlet restoran di hotel maka diperlukan kerjasama yang baik dengan departemen lainnya. Hubungan kerjasama antara departemen Food and Beverage Service dapat terjalin dengan departemen lainnya. Departemen tersebut adalah Front Office Department, Housekeeping Department, F&B Product (Kitchen), Accounting Department, Engineering Department, Purchasing Department, Human Resources Development.
Berikut contoh-contoh kerjasama yang terjadi antara Food and Beverage Service dengan departemen lainnya :
1.      Hubungan kerjasama anatara Food and Beverage Service Department dan Front Office Department:
a.       Front Office Department akan selalu memberikan data tamu yang check in, check out, dan yang masih menginap dan juga nomor kamar tamu;
b.      Front Office Department akan memberi tahu alergi tamu terhadap jenis makanan tertentu kepada F & B Service Department supaya bisa diantisipasi;
c.       F & B Service Department akan menyiapkan welcome drink untuk Front Office Department yang nantinya diberikan kepada tamu yang baru datang;
d.      Front Office Department akan memberi tahu tentang tamu VIP yang sedang menginap dan tamu berkebutuhan khusus lainnya;
2.      Hubungan kerjasama Food and Beverage Service Department dengan Housekeeping Department:
a.       Pengadaan linen yang digunakan disetiap operasinal di outlet restoran, seperti: napkin, table cloth, cover chair dan skirting oleh Housekeeping Department.
b.      Kerjasama antara F & B Department dengan Housekeeping Department mengenai kebersihan area restoran yang biasanya dikerjakan oleh Public Area yang merupakan section dari Housekeeping Department;
c.       Housekeeping memberitahukan tentang keadaan peralatan room service yang tertinggal di kamar untuk clear up;
d.      Pemberitahuan informasi tentang event tertentu seperti wedding agar housekeeping khususnya bagian florist untuk menyiapkan tatanan bunga dan dekorasi lainnya;
e.       Pemberitahuan informasi lost and found pada Housekeeping Department;
3.      Hubungan kerjasama antara Food and Beverage Service Department dengan Food and Beverage Product Department:
a.       Pemberian informasi tentang penyiapan dan pembuatan makanan pada kitchen.
b.      Memberitahukan kepada kitchen mengenai makanan yang sudah habis di buffet table agar diisi kembali oleh staff kitchen;
c.       Berkoordinasi tentang penyiapan untuk breakfast, lunch dan dinner ataupun event tertentu seperti wedding ataupun meeting;
d.      Memberi informasi pada Pastry mengenai penyediaan kue untuk ulang tahun;
e.       Berkoordinasi dengan kitchen tentang set up meja buffet sesuai hidangan yang akan disediakan;
4.      Hubungan kerjasama antara Food and Beverage Service dengan Accounting Department:
a.       Pemberian informasi mengenai harga makanan dan minuman;
b.      Memberikan informasi tentang pembuatan bill kepada FB Chasier;
c.       Pemberitahuan tentang cost control seperti : pengeluaran / beban dan pendapatan dari restoran;
d.      Penyediaan staf kasir di masing-masing restoran dan bar;
5.      Hubungan kerjasama antara Food and Beverage Service Department dengan Engineering Department:
a.       Mempersiapkan sound system yang digunakan di restoran untuk memutar background musik;
b.      Pemberian informasi mengenai kerusakan di area kerja seperti lampu mati, AC / kulkas kurang dingin, pipa air yang bocor dan lainnya;
c.       Enginering melakukan pengontrolan mengenai mesin-mesin yang berkaitan dengan operasional makanan dan minuman seperti melakukan kontrol terhadap mesin pembuat es, mesin kopi, mesin pemanas dan lain sebagainya;
d.      Melakukan pemasangan lighting dan sound system bila ada event di restoran.
6.      Hubungan kerjasama antara Food and Beverage Department dengan Purchasing Department:
a.       Melakukan pembelian barang-barang yang dibutuhkan di restoran;
b.      Mencatat pemesanan barang yang dibutuhan untuk operasional;
c.       Melakukan invertory barang khususnya barang-barang yang berkaitan dengan makanan dan minuman.
7.      Hubungan kerjasama antara Food and Beveagare Department dengan Human Resource Department:
a.       Berkoordinasi mengenai perekrutan karyawan, daily worker, maupun trainee;
b.      Memberikan informasi tentang staff dan trainee yang berprestasi maupun yang bermasalah;
c.       Mendatangkan pengajar bahasa asing untuk mengajarkan kursus bahasa asing kepada staff di Food and Beverage Department.

D.  Kondisi yang Mendukung dan Kendala atau Hambatan dalam Pelaksanaan Praktek Kerja Indrustri di Food Beverage Service
1.      Kondisi yang mendukung dalam pelaksanaan praktik kerja industri diantaranya :
a.       Senior sangat membebaskan penulis dalam belajar menangani tamu;
b.      Staf yang bersahabat dalam membimbing penulis selama training;
c.       Adanya berbagi jenis pelatihan untuk mengetahui standar yang ada di hotel seperti pelatihan cara membuat kopi, pelatihan SOP, pelatihan standar grooming dan pelatihan lainnya;
d.      Lingkungan yang bersih seperti: loker yang bersih sangatlah berpengaruh terhadap kelancaran dalam praktik kerja industri ini, tempat parkir yang aman dan nyaman;
e.       Program pelatihan seperti lotus day dan training gathering sangatlah menunjang untuk mengevaluasi keberhasilan maupun kekurangan kita selama training dalam praktik kerja industri ini;
f.       Team work dari senior yang sangat baik.
2.      Kendala dalam pelaksanaan praktik kerja industri diantaranya :
a.       Menemui hambatan saat berkomunikasi dengan tamu Jepang dan China yang tidak bisa berbahasa Inggris;
b.      Kurangnya pengetahuan tentang bahasa dan lokasi sekitar yang biasanya ditanyakan oleh tamu;
c.       Pada saat occupancy tinggi, mengalami kesulitan dalam operasional dengan banyaknya tamu yang datang tetapi kurangnya meja untuk operasional sehingga tamu banyak mengantri di depan;
d.      Terbatasnya gelas, cup, saucer, tea spoon, egg stand dan peralatan lainnya sehingga pada saaat tamu ramai tidak ada pilihan lain, trainee harus fokus mempolis dan mencari perlengkapan saja.

E. Upaya Penyelesaian Kendala
            Hal-hal yang bisa penulis upayakan untuk menyelesaikan kendala yang penulis hadapi sebagai berikut:
1.      Penulis menulis surat yang penulis masukkan ke kotak saran untuk HRD agar tidak ragu-ragu untuk merekrut staf-staf handal. Agar keluhan kekurangan staf bisa diatasi dan operasional pun akan berjalan lebih lancar;
2.      Sebisa mungkin penulis menghormati para senior dan memperbanyak bertanya agar penulis lebih bisa menguasai apa yang telah penulis kerjakan;
3.      Penulis berusaha untuk bertoleransi dengan rekan sesama trainee yang berbeda kampus agar tidak ada perselisihan satu sama lainnya. Penulis juga saling bertukar pikiran tentang apa saja yang telah diajarkan di kampus dengan rekan sesama trainee agar saling mengenal dan saling tahu;
4.      Penulis juga bertoleransi dengan rekan sesama trainee yang berasal dari luar daerah dengan menggunakan bahasa Indonesia agar mereka dapat memahami dan mengerti apa yang penulis maksud. Terkadang juga mereka minta diajarkan berbahasa daerah agar saling belajar berkomunikasi menggunakan bahasa daerah dengan baik dan benar;
5.      Pada saat occupancy tinggi sebaiknya waiter/waitress lebih cepat dalam mensetup kembali agar tamu tidak mengantri di depan.

BAB IV
PENUTUP

A. Kesimpulan
            Beberapa hal yang dapat penulis sampaikan dari hasil pelaksanaan Praktek Kerja Nyata yang penulis laksanakan pada Department F & B Service selama 6 bulan di Padma Resort Legian diantaranya:
1.      Melalui Praktek Kerja Nyata di industri, penulis memperoleh kesempatan untuk menerapkan ilmu yang telah penulis dapatkan di STP Nusa Dua, Bali;
2.      Dengan melaksanakan Praktek Kerja Nyata, penulis mendapatkan hal yang penting untuk memberikan gambaran tentang perbedaan antara teori dan praktek yang penulis peroleh selama masa perkuliahan dengan keadaan yang sebenarnya di industri;
3.      Penulis dapat mengembangkan potensi diri di bidang F & B Service;
4.      Penulis dapat menjadikan Praktek Kerja Industri sebagai tolak ukur seberapa kemampuan yang telah penulis dapat pelajari dan dipraktekkan di industri;
5.      Dengan adanya Praktek Kerja Nyata dapat meningkatkan disiplin diri, waktu, serta tanggung jawab terhadap tugas-tugas yang diberikan kepada penulis sehingga dapat meningkatkan kualitas kerja menjadi lebih baik;
6.      Praktek Kerja Nyata memberikan manfaat yang besar bagi penulis, menambah rasa percaya diri,  mendidik sikap mental, melatih diri dalam beradaptasi dengan orang-orang yang memiliki watak yang berbeda – beda dalam lingkungan kerja yang sebenarnya;
7.      Memperoleh pengalaman lebih tentang dunia pariwisata, memperluas wawasan serta budaya dari berbagai tamu yang berkunjung.

B. Saran
Disamping menyampaikan kesimpulan yang penulis dapatkan selama mengikuti Praktek Kerja Nyata, penulis juga ingin menyampaikan beberapa saran kepada pihak industri, STP Nusa Dua Bali, dan mahasiswa/i yang akan melaksanaan Praktek Kerja Nyata di indutsri, diantaranya adalah:
1.      Bagi Pihak Hotel Padma Resort Legian
a.             Memberikan pelatihan-pelatihan, ilmu dan pengetahuan yang berhubungan dengan bidang training yang dijalankan trainee;
b.            Meningkatkan sarana dan prasarana hotel demi kelancaran operasional hotel;
c.             Menambah jumlah karyawan agar pelayanan yang diberikan lebih maksimal;
d.            Menambah jumlah peralatan operasional restoran, untuk memperlancar operasional;
e.             Memperbaiki fasilitas untuk para staf, seperti : meningkatkan kualitas dari makanan kantin dan loker.     


2.      Bagi pihak Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali
a.             Lebih memperluas lagi jaringan pelaksanaan Praktek Kerja Nyata dengan perusahaan atau hotel di dalam maupun di luar negeri;
b.            Mempermudah proses untuk program training ke luar negeri.
c.             Lebih melengkapi sarana dan fasilitas yang diperlukan dalam pembelajaran teori maupun praktek, sehingga mahasiswa/i yang akan terjun ke dunia industri dapat lebih siap untuk bersaing.
3.      Bagi Mahasiswa/i yang akan melaksanakan Praktek Kerja Nyata
a.             Bagi mahasiswa/i yang akan melaksanakan Praktek Kerja Nyata diharapkan mempersiapkan diri secara matang terutama pengetahuan mengenai bidang training yang akan dijalankan;
b.            Mahasiswa/i yang akan menjalani Praktek Kerja Nyata diharapkan bersungguh – sungguh,  memiliki disiplin diri, waktu dan tanggung jawab yang besar terhadap pekerjaan yang diberikan;
c.             Menjadikan masa Praktek Kerja Nyata untuk menunjukkan kualitas diri dan profesionalisme secara teori maupun praktek yang akan berguna di masa yang akan datang, karena melihat peluang kerja pada saat ini sangatlah sulit;
d.            Lebih meningkatkan kemauan untuk belajar di industri dan mencari lebih banyak pengetahuan di bidang yang ditekuninya.


No comments:

Post a Comment

PENGESTAWAN PEMANGKU PEMULA - TUNTUNAN PEMANGKU RING SEJERONING NGEMARGIANG DEWA YAJNA LAN BUTHA YADNYA

PENGESTAWAN PEMANGKU PEMULA - TUNTUNAN PEMANGKU RING SEJERONING NGEMARGIANG DEWA YAJNA LAN BUTHA YADNYA (Caru Ayam Brumbun) ...