BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Praktik Kerja Industri
Pariwisita merupakan salah satu
faktor ekonomi yang penting di Indonesia khususnya Bali. Perkembangan
pariwisata di Bali saat ini sangatlah pesat dan membawa kesejahteraan
perekonomian bagi masyarakat Bali sendiri. Pesatnya perkembangan wisata di Bali
sendiri dikarenakan banyaknya kunjungan wisatawan ke Bali. Ini tidak lepas dari
fakta bahwa Bali memiliki banyak destinasi pariwisiata yang sangat indah serta
budaya yang menjadi daya tarik Bali.
Sebagai langkah untuk meningkatkan
kunjungan wisata ke Bali maka banyak sarana yang didirikan sebagai penunjang
pariwisata, seperti : Biro perjalanan, hotel, restoran, dan sarana penunjang
yang lainnya. Selain sarana pariwisata, diperlukan SDM yang handal dan kompeten di
bidang pariwisata dan perhotelan.
STP Nusa Dua Bali merupakan salah satu instansi Pemerintah yang turut serta dalam pengembangan
SDM melalui program pelatihan praktik kerja industri bagi para mahasiswanya. Program pelatihan praktik kerja industri berguna untuk memantapkan
mental dan skill mahasiswa yang
terjun ke dunia industri, khususnya bidang pariwisata dan perhotelan. Mahasiswa diharapkan mampu bekerja secara
profesional, meningkatkan rasa percaya diri, mampu bersaing, mendapat tambahan
pengetahuan, memperbaiki attitude
serta mampu mengangkat derajat dan citra pariwisata dan perhotelan di Bali.
B. Tujuan Praktik Kerja Industri
Praktik kerja industri merupakan
salah satu kuliah diluar lingkungan kampus yang berlangsung selama 6 bulan.
Tujuan umum dari praktik kerja industri adalah untuk memberi gambaran pada
mahasiswa/i pada saat bekerja di bidang pariwisata. Sedangkan tujuan
praktik kerja industri secara khususnya antara lain :
1.
Dapat menambah dan mengembangkan ilmu pengtahuan
pada masing- masing
mahasiswa/i;
2.
Untuk menerapkan ilmu yang telah didapatkan baik
itu secara teori maupun praktek di
Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali sehingga pengetahuan (knowledge), kemampuan (skill), sikap (attitude) yang dimiliki oleh penulis menjadi lebih sempurna;
3.
Meningkatkan kemampuan dan keahlian pada saat
melakukan setiap pekerjaan;
4.
Agar bisa lebih mengenal dunia kerja dalam bidang
sektor pariwisata;
5.
Melahirkan
sikap bertanggung jawab, disiplin, sikap mental, etika yang baik serta dapat
bersosialisasi dengan lingkungan sekitar;
6.
Untuk mempermudah mahasiswa/i mengenal lebih jauh
dunia kerja industri, serta diharapkan mampu menjalin hubungan yang baik antara
pihak STP Nusa Dua Bali dengan pihak Padma Resort Legian, sehingga untuk kedepannya memudahkan
kedua belah pihak;
7.
Melatih mahasiswa/i agar dapat membuat suatu
laporan yang terperinci dari apa saja yang dikerjakan selama praktik kerja industri.
C. Manfaat Praktik Kerja Industri
Pada
pelaksanaan praktik kerja industri semua pihak yang berkaitan mendapat manfaat
masing-masing. Adapun manfaat yang didapat :
1. Manfaat untuk Mahasiswa :
a. Mahasiswa/i tahu dan memahami pelaksanaan kerja
industri yang sebenarnya;
b. Mahasiswa/i dapat membandingkan dan
mempraktekkan ilmu yang didapat di kampus dan yang didapat di hotel;
c. Mahasiswa
dapat melatih communication skill
kepada para tamu asing;
d. Melatih
kemampuan adaptasi para mahasiswa/i di dunia kerja;
e. Mendapat
pengalaman bekerja yang berguna untuk masa depan;
f. Mahasiswa
dapat belajar memahami karakteristik tamu sehingga dapat memberikan pelayanan
yang terbaik pada tamu;
g. Mengembangkan
pengetahuan dan wawasan mahasiswa/i dalam bidang pariwisata;
h. Dapat membuka peluang untuk bekerja di
hotel tersebut.
2. Manfaat untuk Sekolah Tinggi
Pariwisata Bali :
a. Praktek kerja industri berfungsi tolak ukur sejauh mana teori-teori yang
didapatkan di kampus dapat dipraktekan di industri;
b. Sebagai jembatan
untuk hubungan bekerja sama dengan pihak hotel yang akan berguna dikemudian hari;
c. Sebagai perbandingan sejauh mana pengetahuan teori
dan praktek yang didapat di kampus maupun yang diterapkan di industri yang nantinya
akan sangat bermanfaat dalam usaha meningkatkan kualitas mahasiswa dan mahasiswi.
3. Manfaat untuk Padma Resort Legian :
a. Trainee dapat
membantu kelancaran operasional di hotel;
b. Dapat kesempatan untuk
merekomendasikan trainee yang
berpotensi untuk dipromosikan menjadi staf hotel;
c. Memotivasi manajemen hotel untuk terus
berinovasi dan berkreasi demi pengembangan hotel;
d. Hotel mendapat tenaga kerja potensial
dan suasana baru;
e. Mengurangi beban kerja staf-staf
hotel;
f. Diharapkan
mahasiswa dapat memberikan sumbangan pemikiran untuk hotel, sehingga hotel
dapat mengembangkan kualitasnya.
D. Landasan Teori
Pada dasarnya teori yang telah didapatkan di kampus sangat membantu
penulis dalam melancarkan praktek kerja lapangan yang dilakukan penulis selama
6 bulan. Pengetahuan teori yang telah didapatkan di kampus ada yang memiliki
daya dukung yang besar dan yang kecil, meskipun begitu semua teori itu jika
diterapkan di lapangan sangat berguna untuk menjalankan praktek kerja lapangan.
Berikut teori teori yang sangat berhubunggan
dengan praktek kerja lapangan :
1. Pengertian Hotel
Menurut ketentuan dalam U.U. No. 14 Tahun
1947; Hotel adalah usaha perusahaan yang menyewakan ruang penginapan untuk
tamu. Selain itu hotel adalah salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan
sebagian atau seluruh bangunan untuk menyewakan jasa pelayanan penginapan,
makan dan minum serta jasa lainnya
(Keputusan Menteri Parpostel Republik Indonesia Nomor KM 94 / HK.103 / MPPT-87)
2. Pengertian
Restoran
Menurut Menparpostel No.KM 95/KH.103/MPPT-87 Restoran adalah salah satu
jenis usaha jasa pangan yang bertempat disebagian atau seluruh bangunan yang
permanen, dilengkapi dengan peralatan dan perlengkapan untuk proses pembuatan,
penyimpanan, penyajian dan penjualan makanan dan minuman di tempat usahanya dan
memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.
Menurut Agusnawar (2000) restoran adalah: “Bagian dari suatu hotel yang
ruang lingkup kegiatannya menyediakan hidangan dan minuman untuk para tamu yang
menginap dan untuk umum.
Menurut Suarthana (2006:23) restoran adalah : ”tempat usaha yang komersial yang ruang lingkupnya menyediakan pelayanan
makanan dan minuman untuk umum di tempat usahanya.
Dari beberapa pendapat diatas
yang menyebutkan pengertian restoran, dapat disimpulkan restoran adalah
suatu tempat atau bangunan yang dikelola secara komersil yang menyelenggarakan
pelayanan dengan baik kepada semua tamunya berupa makanan maupun minuman.
3. Pengertian Tata
Hidang
Definisi departemen makanan dan minuman secara umum
adalah bagian yang mengelola makanan dan minuman, sedangkan definisi departemen
makanan dan minuman secara khusus
(dilihat dari dunia perhotelan) adalah bagian departemen dari hotel yang
mengurus dan bertanggung jawab terhadap kebutuhan pelayanan makan dan minum
serta kebutuhan lain yang terkait, dari para tamu yang tinggal maupun tidak di
hotel tersebut dan dikelola secara komersial serta profesional.Tugas utama Tata
Hidangan adalah memberikan layanan makanan dan minuman.
3. Pengertian Bar
Didalam praktek kerja
nyata kita juga harus mengetahui pengetahuan bar dan minuman. Menurut P.P. No.
24 Tahun 1979 menyebutkan bahwa Bar adalah setiap usaha komersial yang ruang
lingkup kegiatannya menghidangkan minuman, baik minuman yang mengandung alkohol
maupun tidak, untuk umum di tempat usahanya. Minuman merupakan salah satu
produk yang banyak dijual di restoran dan bar. Minuman sangat penting untuk
kesehatan, karena setiap orang membutuhkan cairan. Minuman dapat didefinisikan
sebagai setiap cairan yang dapat diminum, kecuali obat-obatan.
4. Pengertian Menu
Menu sering kali
disebut sebagai “Bill of Fare” atau
daftar makanan. Menu juga diartikan sebagai “List of prepared dishes which is available to the customer” yaitu
sebuah daftar yang berisikan makanan yang tersedia bagi pelanggan. Menu juga
dapat diartikan sebagai pedoman yang baik bagi yang menyiapkan makanan (dapur)
dan juga merupakan pedoman penuntun bagi yang akan memakannya, karena mereka
mempunyai gambaran tentang apa dan bagaimana makanan yang dipesan.
Pada umumnya menu dapat
dibagi menjadi empat macam, yaitu
:
1.
A‘la Carte
yaitu suatu menu dimana susunan makanan dengan harga tersendiri dan tamu bebas
untuk memilih.
2.
Table D’Hote
adalah menu dimana susunan makanan yang lengkap dengan harga tertentu.
3.
Special Party
menu adalah menu yang disusun untuk acara-acara tertentu, misalnya banquet dan cocktail party.
4.
Menu Buffet
adalah menu-menu yang hidangannya secara prasmanan, dimana tamu mengambil
sendiri makanan di meja prasmanan dengan bebas.
5. Pengertian Stewarding
Dengan adanya mata
kuliah ini penulis mengetahui nama alat-alat serta fungsi dari masing-masing cutleris, chinaware, dan glassware digunakan dalam operasional di hotel serta memahami cara
pencucian secara manual maupun dengan mesin. Tidak hanya itu, penulis juga bisa mendalami cara
penggunaan mesin itu sendiri, mengingat hotel memiliki peralatan yang jumlahnya
begitu banyak.
6. Pengertian Waiter
Menurut Marsum (1994:
90) dinyatakan bahwa waiter atau waitress adalah karyawan atau karyawati
di dalam sebuah restoran yang bertugas menunggu tamu-tamu sehingga merasa
mendapat sambutan dengan baik dan nyaman, mengambil pesanan makanan dan minuman
serta menyajikannya, juga membersihkan restoran dan lingkungannya serta
mempersiapkan meja makan (table setting)
untuk tamu berikutnya.
Berdasarkan pengertian
diatas, dapat diartikan bahwa kepuasan dari para tamu erat hubungannnya dengan
pelayanan yang diberikan waiter atau waitress itu sendiri. Untuk itu, agar
menjadi seorang waiter atau waitress yang profesional serta mampu
memberikan pelayanan yang maksimal, maka haruslah mengetahui tugas dan tanggung
jawabnya.
BAB II
GAMBARAN UMUM HOTEL PADMA RESORT
LEGIAN
A. Sejarah Singkat Padma Resort
Legian
Gambar 2.1 Logo Padma Resort Legian
Padma Resort Legian
didirikan pada bulan 15 September 1990. Padma adalah salah satuproperty milik PT. Puri Zuqni yang dioperasikan oleh Puri PadmaManagement. Pemilik Padma adalah Bapak
Budi Hartono. Beliau melihat potensi yang sangat besar di lokasi Legian
terutama di Lokasi Beach Front.
Padma Resort Legian
didirikan dengan nama Bali Padma Hotel yang
didirikan pada tahun 1990 yang beralamat di Jalan
Yudistira yang sekarang telah berganti nama menjadi Jalan Padma, Legian. Padma
Resort Legian memiliki letak yang sangat
strategis dan jaraknya dari Bandara I
Gusti Ngurah Rai
Bali hanya 15 menit, 5
menit dari Kuta, 20 menit dari
Denpasar, 5 menit jalan ke lokasi art shop
dan butik, 10 menit jalan ke
restoran sekitar dan 5 menit
dari hiruk pikuknya club
malam.
Pada
zaman Otonomi Daerah Padma harus mengubah namanya
dengan nama yang berbau Indonesia. Sehingga Bali Padma Hotel berubah nama
menjadi Hotel Padma Bali. Namun seiring
dengan pesatnya perkembangan hotel dan vila serta
semakin banyaknya renovasi,
sehingga Hotel Padma Bali mengubah konsepnya menjadi resort
yang bertemakan garden.
Padma Resort Legian adalah nama dari
Bali Padma Hotel yang dulu. Padma Resort Legian adalah hotel dan resort
Bintang 5 dimana semua fasilitasnya memang dibuat demi kenyamanan tamu dan memberikan kesan A Class and Lux kepada semua tamu.
B.
Lokasi dan Fasilitas
Adapun lokasi Padma Resort Legian dan
fasilitas-fasilitasnya yang mendukung eksistensi dari Padma Resort Legian,
sebagai berikut :
1.
Lokasi Padma Resort Legian
Padma
Resort Legian berlokasi di Jl. Padma No.1 Legian, Kuta, Bali. Hotel ini
dimiliki oleh PT. Puri Zuqni. Padma Resort Legian dikelola oleh Puri Padma Management. President Director di Padma Resort Legian adalah Bapak Tjipjanto
Soerjanto. Padma Resort Legian memiliki jarak yang relatif dekat dengan Bandara
Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali,
Kuta Centre, Denpasar, Pasar Legian, Art Shop, Gallery cinderamata
dan pusat perbelanjaan. Padma Resort Legian juga memiliki panorama yang indah
terutama keindahan sunset-nya.
Padma
Resort Legian terdiri dari 437 kamar dibangun diatas tanah dengan luas 6,8
hektar yang berbatasan dengan :
a.
Sebelah Utara :
Lahan kosong dan Hotel Melasti
b.
Sebelah Selatan :
Bali Mandira Hotel
c.
Sebelah Barat :
Pantai Legian
d.
Sebelah Timur :
Loji Mini Market dan art shop
2. Fasilitas
Padma Resort Legian
Padma Resort Legian menyediakan berbagai fasilitas yang
terbaik untuk membuat tamu yang menginap selalu merasa nyaman dan selalu ingin
kembali lagi, berikut fasilitas yang disediakan Padma Resort Legian:
a.
Room
Padma Resort Legian
berjumlah 437 kamar diatur dalam taman-taman tropis yang indah. Tamu yang
menginap di Suite atau Chalet berhak untuk akses eksklusif ke Garden Club Lounge.
1)
Deluxe Room terdiri dari 65 unit
Deluxe
Room terletak bersebelahan dengan lobby. Semua kamar memiliki balkon dengan 1 tempat tidur besar atau
2 tempat tidur single. Kapasitas
ruang maksimum adalah 3 dewasa dan anak-anak.
2)
Deluxe Lagoon View terletak di
lantai 2 sampai 4.
Fitur pemandangan yang menakjubkan dari
kolam renang dari balkon pribadi dan dekorasi berselera tinggi yang menggali
warisan pulau kreatif dengan 1 tempat tidur besar atau 2 tempat tidur single. Kapasitas ruang maksimum adalah
3 dewasa dan anak-anak.
3)
Deluxe Chalet terdiri dari 111 unit
Kamar ini dibuat
dalam kelompok kecil dari 8 kamar dan sedikit lebih besar dari kamar standar
dengan 1 tempat tidur besar atau 2 tempat tidur single. Kapasitas ruang maksimum adalah 3 dewasa dan anak-anak.
4)
Garden Club Chalet terdiri dari 99
unit
Garden
Club Chalet serupa dalam ukuran dan tata letak untuk Deluxe Chalet dengan beberapa sentuhan
tambahan fasilitas mewah seperti ruang yang komprehensif dan penutup selimut.
Kamar ini memiliki teras pribadi dan pemandangan taman yang tenang, menyajikan
desain kontemporer Bali dengan 1 tempat tidur besar. Kapasitas ruang maksimum
adalah 3 dewasa dan anak-anak.
5)
Premier Club Chalet terdiri dari12 unit
Premier
Club Chalet menyediakan area yang luas dengan desain kontemporer
dengan tetap menjaga karakteristik Bali. Fitur sofa nyaman diluar teras pribadi
yang menghadap ke kebun tropis yang rimbun. Tipe kamar ini sangat dianjurkan
untuk berbulan madu atau pasangan yang mencari privasi yang lebih dengan 1 tempat tidur besar. Kapasitas ruang
maksimum adalah 3 dewasa dan anak-anak.
6)
Premier Room suite terdiri dari24 unit
Premier
Room suite memiliki kamar mandi yang luas dengan pancuran terpisah
dan bak mandi. Menyediakan batas intim untuk berbulan madu dengan 1 tempat
tidur besar. Kapasitas ruang maksimum adalah 3 dewasa atau 2 dewasa dan 2
anak-anak.
7)
1 Bedroom Balcony Suite terdiri
dari 2 unit
1 Bedroom
Balcony Suite terletak dekat dengan kolam renang. Fitur tamu
terpisah dan ruang makan, balkon pribadi yang besar dengan tempat tidur nyaman,
menghadap ke taman dan kolam dengan 1 tempat tidur besar. Kapasitas ruang
maksimum adalah 3 dewasa dan anak-anak.
8)
Bedroom Balcony Suite terdiri dari
2 unit
Bedroom
Balcony Suite memiliki fitur ruang tamu yang nyaman menghadap ke outdoor di ruang utama. Ruang penghubung
telah terpisah telur berbentuk bak mandi dan area mandi dengan 1 tempat tidur
besar ditambah 2 tempat tidur single.
Kapasitas ruang maksimum adalah 6 dewasa dan anak-anak.
9)
Deluxe Suite terdiri dari 6 unit
Deluxe
Suite menawarkan ruang tamu luas, kamar tidur dan dapur dengan 1
tempat tidur besar. Kapasitas ruang maksimum adalah 3 dewasa dan anak-anak.
10)
Deluxe Family Suite terdiri dari
22 unit
Kamar ini terbuat
dari interkoneksi Suite Deluxe dengan
Garden Club Chalet untuk membuat 2
kamar tidur suite dengan 1 tempat
tidur besar ditambah 2 tempat tidur single.
Kapasitas ruang maksimum adalah 6 dewasa dan anak-anak.
11)
Presidential Suite terdiri dari 1
unit
Presidential
Suite menawarkan 3
vila diisi balkon, lengkap dengan ruang tamu, bar, dapur dan kolam renang
pribadi. Kapasitas ruang maksimum adalah 15 dewasa dan 3 anak-anak.
b.
Food and Beverage
Outlet
Selain kamar, Padma
Resort Legian memiliki tujuh outlet Food
and Beverage Service untuk memanjakan para tamunya. Adapun beberapa
restoran, antara lain :
1)
Donbiu Restaurant
Restoran yang
mampu menampung ± 375 orang yang menyediakan tempat untuk smoking dan non smoking area dan
sekarang juga dibuka pavilion yang
fungsinya sama seperti Donbiu Restaurant
tapi bedanya di pavilion biasanya
dijadikan tempat wedding.
Donbiu Restaurant menyediakan meja untuk smoking sebanyak 48 meja, meja untuk non smoking 194 meja, meja yang ada di
koridor sebanyak 6 meja, dan di pavilion tersedia
juga meja untuk smoking dan non smoking, meja untuk smoking jumlahnya jumlahnya 8 meja dan non smoking jumlahnya 11, melihat tamu
yang breakfast di Donbiu Restaurant semakin hari semakin banyak
sehingga mengakibatkan tamu mengantre (lining
up) untuk mendapatkan meja. Donbiu Restaurant
yang mulanya bernama Taman Ayun Restaurant
diperpanjang dan ditambahkan meja dan kursi. Donbiu Restaurant dibuka dari pukul 06.30 Wita - 23.00 Wita.
Donbiu Restaurant dibuka untuk breakfast dari jam 06.30 Wita - 10.30
Wita, lunch (khusus jika ada
pemesanan atau ada event) dan dinner 18.00 Wita - 23.00 Wita. Donbiu Restaurant adalah coffee shop hotel yang menggunakan buffet service untuk breakfast
dan lunch sedangkan untuk dinner Donbiu Restaurant menggunakan A’la
Carte dan juga mempunyai Theme Night
Dinner. Adapun themes buffet dinner
yang diadakan Donbiu Restaurant adalah :
a)
Italian Flavour
Diadakan
setiap hari Senin yang dimulai pukul 18:45 Wita sampai dengan pukul 21:30 Wita. Jenis masakan
yang dihidangkan adalah Italian Food
seperti pasta, lasagna, pizza dan sphagetti. Selain hidangan yang lezat para tamu juga dimanjakan dengan berbagai
hiburan seperti The Coustic Band, dan
background music. Harga dari Flavour of Italy Buffet adalah Rp. 398.000 net/orang.
b)
Balinesse Buffet Dinner
Diadakan setiap hari Rabu pada pukul 18:45 Wita sampai dengan pukul 21:30 Wita. Jenis masakan
yang dihidangkan adalah Balinesse Food
dimana babi guling merupakan salah satu masakan unggulan untuk dihidangkan pada
tamu. Dimeriahkan dengan Balinesse Frog
Dance yang dimulai pada pukul 19:30 Wita dan berakhir pada pukul 20:00 Wita
dilanjutkan dengan penampilan The Lio Koustic
Band pada pukul 20:30
Wita sampai 22:30 Wita. Harga yang ditetapkan untuk buffet ini adalah Rp. 398.000 nett/orang.
c)
East Meet West
Diadakan setiap
hari Kamis dari pukul 18.30 Wita – 21.30 Wita. Jenis masakan ialah berbagai
jenis makanan campuran dari negar-negara yang berada di Asia. Dimeriahkan oleh In House Band Group / background music.
Harga untuk dapat mengikuti dinner
ini adalah Rp. 398.000 nett/orang.
d)
Tropical BBQ Buffet Dinner
Diadakan setiap hari Jumat pada pukul 18:45 Wita
sampai dengan pukul 21:30 Wita. Jenis masakan merupakan berbagai macam BBQ dan steak. Hiburan yang dipertunjukan adalah Balinese Ramayana Dance pada pukul 19:30 Wita sampai pukul 20:00
Wita dan The Ripper Band live performance 20:30 Wita sampai pukul 22:30 Wita. Harga
untuk menikmati buffet dinner ini
adalah Rp. 398.000
nett/orang.
e)
Indonesian Night Market
Diadakan setiap hari Minggu pada pukul 18:45 Wita
sampai pukul 21:30 Wita. Jenis masakan yang dihidangkan merupakan masakan khas
Indonesia seperti sate, gulai, dan gado-gado. Dimeriahkan dengan pertunjukan Balinesse Legong Dance mulai pukul 19:30
Wita sampai pukul 20:00 Wita dan juga The
Coustic Band pada pukul 20:30 Wita sampai 22:30 Wita. Harga untuk menikmati
buffet ini adalah Rp. 398.000 nett/orang.
2)
Seruni & Infinity
Pool Bar
Dibuka pukul 09.00
Wita sampai dengan 19.30 Wita. Menyediakan minuman cocktail dan mocktail dan
beragam menu A’la Carte untuk tamu
yang berada di areal kolam renang karena bar ini terletak menyatu dengan kolam
renang. Untuk grill and bites buka
pukul 11.30 Wita sampai dengan 17.00 Wita. Menu yang biasa disajikan antara
lain : sandwich, toasted panini, salad, pizza, burger, French fries dan
masakan Indonesia. Untuk happy hours dimulai
pukul 14.30 Wita – 16.30 Wita.
3)
The Deli
Restoran ini
menyatu dengan lobi hotel, terdiri atas 2 bagian yaitu Deli indoor dan Deli deck / terrace. Opening hours
pukul 11.00 Wita sampai dengan 23.00 Wita dan dibuka untuk lunch dan dinner.
Restoran ini
menyediakan menu A’la Carte, ada pula
es krim, kue dan permen. The Deli terdapat bar yang menyediakan minuman cocktail dan mocktail. Ada pula big screen
untuk nonton.
4)
The Barong Lagoon Pool
Bar & Café
The Barong Lagoon Pool Bar & Café buka dari pukul 10.00 Wita sampai dengan
20.00 Wita yang hanya melayani makan siang saja. Bar ini juga menyediakan
minuman cocktail dan mocktail. The Barong Lagoon Pool Bar & Café ini menyediakan masakan Asia dan Barat
seperti nasi goreng, mie goreng, burger,
hot dog, sausage, French fries dan banyak lagi yang
lainnya. Melayani A’la Carte dinning lunch
dibuka dari jam 11.30 Wita sampai dengan 20.00 Wita dan pemesanan pada pukul
19.30 Wita.
5)
S.K.A.I Beach
Club
S.K.A.I Beach Club menyediakan beragam minuman cocktail, menu A’la Carte dan tersedia pula live
music. Bar ini berlokasi dekat dengan pantai sehingga sangat cocok untuk
melihat sunset. Sunset bar memiliki kapasitas 68 kursi. S.K.A.I Beach Club buka mulai pukul 17.00 Wita
sampai dengan 21.00 Wita dan melayani pemesanan makanan mulai pukul 17.00 Wita
sampai dengan 21.00 Wita dan minuman pukul 17.00 Wita sampai dengan 20.30 Wita.
6)
Tenkai Japanese
Restaurant
Tenkai merupakan Japanesse Restaurant di Padma Resort
Legian dengan desain yang minimalis yang mengambil dekorasi ruangan Japanesse style yang membuat tamu
merasakan berada di Jepang. Tenkai Japanesse
Restaurant meiliki 53 seat untuk indoor dan 12 seat di terrace. Masakan
yang disajikan tentu saja masakan-masakan Jepang. Salah satu yang paling menarik
di Tenkai Japanesse Restaurant adalah
teppanyaki dimana juru masak akan
memasak di depan tamu dengan teppan atau
grill yang besar. Tenkai hanya buka
saat dinner mulai pukul 18:00 Wita
sampai pukul 23:00 Wita dan untuk last
order pukul 22:30 Wita.
Tenkai hanya
melayani A’la Carte dan teppanyaki pada hari Senin, Rabu, Jumat,
dan Minggu. Untuk tepanyaki dibagi
menjadi dua seating yaitu:
a)
First seating pada pukul 18:00 Wita-20:00 Wita
b)
Second seating pada pukul 20:15 Wita-23:00 Wita
Sedangkan pada
hari Selasa, Kamis dan Sabtu, Tenkai Restaurant mengadakan themes buffet dinner dan tidak melayani A’la
Carte maupun teppanyaki.
Adapun jenis-jenis buffet di Tenkai
antara lain :
a)
Hanabi,
diadakan setiap hari Selasa dan Sabtu mulai pukul 18:45 Wita sampai pukul 21:30 Wita, dengan harga Rp. 398.000 nett/orang. Dimeriahkan dengan
hiburan Fire Dance dan background
music.
b)
Family Buffet, diadakan setiap hari Kamis pada pukul 18:45 Wita
sampai pukul 21:30 Wita, dengan harga Rp. 398.000 nett/orang dan diskon 50% untuk anak usia dibawah 12 tahun.
Hiburan untuk Tenkai Family Buffet Dinner
adalah background music.
7)
Room Service
Untuk breakfast, lunch hingga dinner atau cemilan kecil, Padma Resort
Legian menyediakan beragam jenis menu makanan set lunch A’la Carte, dari Continental
dan Indonesian service 24 hours / 7 days. Hotel ini menyajikan banyak makanan untuk dihidangkan kepada
para tamu dipadu dengan pelayanan yang bergaya dan bersahabat dengan
menghubungi Room Service dari kamar
untuk memesan. Menyediakan Hot Dishes,
Cold Snack dan Beverages.
8)
Plumeria Ballroom
Plumerian Ballroom
adalah ballroom megah yang dimiliki
oleh Padma Resort Legian, yang baru dibuka di akhir tahun 2014. Plumeria Ballroom dibagi atas beberapa bagian
yaitu:
3.
Fasilitas Penunjang
Fasilitas penunjang lainnya dimaksudkan untuk menghibur dan
lebih mengakrabkan diri dengan lingkungan alam Bali dengan menggunakan
fasilitas–fasilitas selain yang disebutkan sebelumnya. Padma Resort Legian juga
mempunyai berbagai macam fasilitas lainnya, diantaranya yaitu :
a.
Outdoor
Swimmingpool
Padma Resort Legian
mempunyai 3 kolam renang di sebelah Barat, Timur dan didepan family room. Berikut 3 kolam renang yang
dimiliki oleh Padma Resort Legian :
1)
Seruni Pool
Seruni Pool terletak di sebelah Barat, di Seruni
Pool ini setiap hari diadakan games yang diikuti oleh para tamu yang
menginap di Padma Resort Legian. Games
dimulai pukul 15.00 Wita –sampai dengan 16.00 Wita.
2)
Barong Lagoon
Pool
Barong Lagoon Pool terletak di sebelah Timur
area hotel tempatnya didekat bangunan building
hotel yang paling diminati para tamu yang ingin menginap di Padma Resort Legian
karena view langsung memandang ke
kolam renang Barong Lagoon Pool yang
sangat indah dan langsung menyentuh air kolam renang di terrace kamar yang berada di lantai satu.
3)
Infinity pool
Kolam renang yang
dikhususkan untuk tamu berusia minimal 17 tahun ini memiliki tempat yang sangat
nyaman untuk berjemur dan memilik beach
view yang sangat indah.
4)
Family Pool
Terletak didepan family room, kolam renang ini dilengkapi
dengan beberpa fasilitas permainan anak-anak seperti water slide dan raindrop
umbrella.
b.
House Clinic
Klinik yang buka
selama 24 jam yang terletak di depan Plumeria Ballroom.
c.
Tennis Court
Tennis court yang disediakan oleh Padma
Resort Legian buka dari pukul 06:00 Wita sampai dengan 22:00 Wita ini free for in house guest. Tamu juga bisa menyewa partner sebagai hitting partner dengan harga Rp. 100.000, untuk bola tenis
dikenakan biaya Rp. 65.000 net/can,
sedangkan untuk raket gratis.
d.
Padma Spa by
Mandara
Padma Spa by Mandara terletak dibawah Donbiu Restaurant.
Ada beberapa ruangan di dalam Padma Spa by
Mandara seperti: café, spa, butik, manicure/pedicure room dan treatment room. Ruangan khusus wanita
dan pria juga terdapat ruangan yang terpisah.
e.
Cooking class
Dimaksudkan kepada
tamu yang ingin mempelajari berbagai menu yang dimiliki oleh Padma Resort
Legian. Cooking class ini diadakan
sesuai permintaan tamu dan setiap minggunya selalu ada cooking class berbagai variasi menu yang ingin dipelajari oleh
tamu.
f.
Saraswati Retail
Shop
Bagi tamu yang
ingin berbelanja cinderamata seperti lukisan, patung, sepatu, baju, tas dan
berbagi produk seni lainnya, Padma Resort Legian telah menyediakan Saraswati Boutique yang terletak di samping The
Deli.
g.
Garden Club
Salah satu tempat lounge yang berada disebelah Barat area
Padma Resort Legian. Tempat ini juga untuk tamu-tamu VIP yang sudah menjadi
member Padma Resort Legian, mereka menamakannya GC (Garden Club). Dibuka setiap hari mulai pukul 07.00 Wita sampai dengan
22.00 Wita untuk breakfast, last order pada pukul 9.30 Wita dan pada pukul 17.00 Wita sampai dengan 19.00 Wita, free
cocktails untuk tamu Garden Club
(GC).
h.
Kids Club and
Games Centre
Terletak didepan family room, tempat ini di desain khusus
bagi anak-anak yang sedang menikmati masa liburannya. Wolly Kids Club and Games Centre juga melatih keterampilan seni
serta kerja otak anak-anak juga belajar dan dibimbingi oleh para pembimbing
yang bertanggung jawab dan berpengalaman.
i.
Fitness Centre
Padma Resort
Legian memiliki tempat olahraga yaitu Fitness
Centre yang letaknya bersebelahan dengan Padma Spa by Mandara tepatnya dibagian bawah Pavilion Donbiu Restaurant.
Memiliki pendamping dan pelatih yang sudah terlatih sangat baik.
j.
Yoga Class
Fasilitas olahraga
lainnya yaitu yoga class, bagi tamu
yang ingin belajar yoga bisa mengikuti yoga class
ini.
k.
Wedding and
Honeymoon
Padma Resort
Legian selain hotel tempat untuk liburan hotel ini juga banyak tamu yang
memesan untuk wedding. Terdapat
paket-paket desain untuk yang merayakan hari pernikahan atau merayakan resepsi
mereka di Padma Resort Legian, diantaranya yaitu:
1)
Padma In Royal;
2)
Padma Simpictly;
3)
Padma Elegance,
dan
4)
Padma In Style.
Sesuai dengan wedding,
Padma Resort Legian juga menyiapkan untuk honeymoon.
4.
Employee Facilities
Untuk semua karyawan maupun trainee yang ada di Padma Resort Bali diberikan beberapa fasilitas
yang dapat mendukung kelancaran kegiatan selama mengikuti kegiatan selama di hotel
tersebut. Adapun fasilitas yang diberikan adalah:
a. Seragam
(Uniform)
Seragam yang
diberikan pada saat mengikuti kegiatan di Padma Resort Legian disesuaikan
dengan outlet tempat mengikuti training.
b. Loker
Semua karyawan
maupun trainee
diberikan loker yang berfungsi untuk menyimpan barang atau pakaian pengganti
supaya tidak hilang.
c. Kantin
Semua karyawan
termasuk trainee dapat menikmati
makanan yang tersedia di kantin satu kali setiap jam istirahat.
d. Tempat
parkir karyawan
Tempat ini
berfungsi sebagai tempat memakirkan sepeda motor karyawan. Sedangkan untuk
karyawan yang mengendarai mobil dapat memakirkan kendaraanya di tempat yang
disediakan.
C. Struktur
Organisasi
TABEL 2.1
SUSUNAN ORGANISASI PADMA RESORT LEGIAN
No
|
Employee Name
|
Employee Position
|
1
|
Tjipjanto
Soerjanto
|
President Director
|
2
|
Maria
Erika Anggraini
|
Personal Assistant
|
3
|
Tjipto
Prayitno
|
Vice President of Sales & Marketing
|
4
|
Thomas
Sunardi
|
Vice President of Finance
|
5
|
Satria
Darmawan
|
Vice President of Project &
Development
|
6
|
Gideon
|
Director of Purchasing
|
7
|
Yuswanti
Putu
|
Corporate Financial Controller
|
8
|
Astika
I Komang
|
Corporate Chief Engineer
|
9
|
Ardie
Allan Permana Urip
|
Director of Revenue & Distribution
|
10
|
Yohanes
Hutauruk
|
Corp. Director of Marketing
Communication
|
No
|
Employee Name
|
Employee Position
|
11
|
Nandang
Suryana
|
Director of Operations
|
12
|
Cynthia
Wahyu Kurniawan
|
Corporate Quality Assurance Manager
|
13
|
Degan
Septo Suprijadi
|
Corporate Executive Chef
|
14
|
Tandina
Sukarno Putri
|
Senior Sales Manager
|
15
|
Ety
Setiawati I Gusti Ayu
|
Corp. Director Human Resources
|
16
|
Budi
Aryawan Nyoman
|
Accounting Manager Corporate
|
17
|
Christian
Michael Unamo
|
Padma Resident Manager
|
18
|
Rina
Krisanti Ni Putu
|
Junior Accounting Manager
|
19
|
William
Santoso
|
Hotel Manager
|
20
|
Titi
Setyarini
|
Exec. Secretary
|
21
|
Lara
Frenzel
|
Executive Pastry Sous Chef
|
22
|
Masahiko
Morikawa
|
Japanese Chef
|
23
|
Rudy
Harrasyid
|
Executive Sous Chef
|
24
|
Theodorus
Immanuel Setyo Widhyarto
|
Executive Sous Chef
|
25
|
Periyanti
Ida Ayu
|
Executive Sous Chef
|
26
|
Juniartha
I Komang Gede
|
Pastry Sous Chef
|
27
|
Jarot
Fransisko Pingak
|
Junior Sous Chef
|
28
|
Yani
Wulandari Suwanda
|
Executive Assistant Manager of F&B
|
29
|
Gary
Galias
|
F&B Manager
|
30
|
Sugiana
I Gede Putu
|
F&B Manager
|
31
|
Andre
Zachary
|
Event Manager
|
32
|
Tri
Sonya Igendhari
|
Banquet Sales Manager
|
33
|
Karmila
Made
|
Assistant Banquet Operation Manager
|
34
|
JO
Margareth Kamto
|
SKAI Beach Club Manager
|
35
|
Dian
Laksmi
|
Asst. Financial Controller
|
36
|
Raras
Yoga Ertono
|
Credit Manager
|
37
|
Febryana
|
Finance Manager
|
38
|
Budiana
Wayan
|
Cost Controller
|
39
|
Geri
Susianto
|
IT Manager
|
40
|
Emi
Ishii
|
Front Office Manager
|
41
|
Aradi
Dewa Komang
|
Asst. Front Office Manager
|
42
|
Wardana
I Gusti Ngurah
|
Executive Housekeeper
|
43
|
Tiles
Arnaya Wayan
|
Asst. Executive Housekeeper
|
44
|
Anom
Suartika Anak Agung
|
Gardening Manager - Bali
|
No
|
Employee Name
|
Employee Position
|
45
|
Margaretha
Wahyu Widyarti Tedja
|
Asst. Human Resources Manager
|
46
|
Christian
Eka Cahya
|
Director of Sales
|
47
|
Shiho
Yamaguchi
|
Director of Sales Japan
|
48
|
Stanislaus
Ferdinandus
|
Reservation Manager
|
49
|
Yuliaty
Lawandra
|
Cluster Sales Manager - Bali
|
50
|
Isabella
Prasmania
|
Cluster Marketing Communication Manager
|
51
|
Sri
Wahyuni
|
Senior Sales Manager
|
52
|
Novianna
Liauwan
|
Sales Manager
|
53
|
Rakadana
Nengah
|
Chief Security
|
54
|
Cesti
Arni Ni Putu
|
Spa Manager
|
55
|
Suhedi
Prawoto
|
Asst. Chief Engineer
|
Sumber : Padma
Resort Legian
Struktur organisasi
adalah sebuah susunan unit-unit kerja pada suatu organisasi. Struktur
organisasi dapat menunjukan bahwa adanya pembagian kerja di masing-masing unit
yang saling berkoordinasi untuk mencapai visi dan misi yang sama. Begitupun
dengan Padma Resort Legian, hotel ini memiliki struktur organisasi yang sangat
lengkap untuk lebih lengkapnya bisa dilihat dilampiran
stukutur organisasi.
Begitu
juga untuk struktur F & B Service
Departement yang ada di Padma Resort Legian bisa dilihat di lampiran. Sesuai dengan stuktur
organisasi tersebut adapun tugas dan tanggung jawab dari masing-masing jabatan
tersebut khususnya pada departemen F & B Service Departement diantaranya:
1.
Hotel Manager
Hotel manager
merupakan jabatan yang langsung membawahi FB Manager. Jabatan ini memiliki
tanggung jawab untuk mengawasi operasional di restoran dan departemen lainnya
di hotel dan juga memiliki kewajiban untuk memberi laporan ke Director of Operation.
2.
F & B Manager
F & B Managger bertanggung
jawab penuh atas kelancaran operasi secara keseluruhan khusus di F & B Departement baik
itu penyiapan dan penyajian makanan, pengadaan dan pemeliharaan peralatan,
termasuk menyusun pendapatan dan pengeluaran bulanan dan tahunan.
3. Assistant F & B Manager
Bertugas untuk
membantu tugas tugas dari F & B Manager dan
mengawasi operasional jika F & B Manager
berhalangan hadir.
4. Banquet
Sales Manager
Membawahi
langsung banquet coordinator, yang memiliki
tugas untuk mempromosikan penyediaan venue,
tempat dan dekorasi dalam sebuah event di Padma Resort Legian.
5. Restaurant
Manager
Sebagai
kordinator seluruh outlet yang ada di
Padma Resort Legian
serta bertanggung jawab atas kelancaran operasi di masing-masing outlet / restoran.
6. Banquet
Coordinator
Jabatan yang bertanggung jawab atas segala kelancaran pada sebuah
acara atau event seperti : wedding, anniversary, meeting dan gala dinner.
7. Bar Manager
Bertanggung
jawab atas kelancaran operasional dalam pengadaan, penyiapan, dan penyajian
minuman, serta bertanggung jawab untuk mengawasi seluruh kegiatan yang ada di bar.
8. Banquet
Supervisor
Dibawahi langsung oleh Banquet Coordinator yang bertugas untuk mempeerlancar operasional
event-event yang diadakan banquet.
9. Outlet
Head
Bertanggung jawab atas seluruh operasional yang ada di
masing-masing outlet yang di pimpinnya,
mulai dari pelayanan hingga pengadaan barang serta bertanggung jawab untuk
membuat jadwal kerja untuk bawahannya.
10. Assistant
Outlet Head
Bertugas
untuk membantu tugas dari outlet head
dan bertanggung jawab atas segala operasional di outlet bila outlet head
berhalangan hadir.
11. Restaurant Captain & Bar Captain
Captain secara umum bertanggung jawab langsung atas
kelancaran pelayanan, baik itu di bar maupun di restoran. Captain bertugas
untuk membuat side job untuk
bawahannya serta bertanggung jawab dalam pengadaan barang dalam oprasional.
12. Restaurant
Reservation
Bertugas untuk menangani reservation themes buffet dinner dan even-even lainnya di Padma
Resort Legian.
13. Waiter/ess
Bertanggung
jawab dalam kegiatan operasional restoran, mulai dari set-up table,
melayani tamu, hingga proses closing
di restoran.
14. Bartender
Bertanggung
jawab atas persipan bar, mencampur, hingga menyajikan minuman pada tamu.
BAB III
PELAKSANAAN
PRAKTIK KERJA INDUSTRI
A. Waktu
dan Tempat Praktik Kerja Nyata
Praktik kerja industri di Padma Resort Legian penulis lakukan selama 6
bulan pada periode 16 Januari 2018 sampai dengan 15 Juli 2018. Selama periode training penulis berkesempatan tugas di 3 outlet di
Padma Resort Legian yaitu Donbiu Restaurant, Sport and Recreation Activity dan Room
Service. Berikut adalah waktu pelaksanaan praktik kerja industri di ketiga outlet tersebut :
Tabel 3.1
WAKTU PELAKSANAAN
PRAKTIK KERJA INDUSTRI
Outlet Praktik Kerja Industri yang
didapatkan penulis
|
IN
|
OUT
|
Don
Biu Restaurant
|
17 Januari 2018
|
30 April 2018
|
Sport and
Recreaction and Activity
|
7 Maret 2018
|
7 April 2018
|
Room Service
|
1 Mei 2018
|
15
uli
2018
|
B. Jadwal
Pelaksanaan dan Objek Pelaksanaan Praktek Kerja Indrustri
1.
Donbiu Restaurant
Donbiu
Restaurant adalah main restaurant yang terdapat di Padma Resort Legian yang terletak tepat di sebelah Barat dari lobi hotel. Dibuka dari pukul 06.30 Wita sampai dengan 10.30 Wita untuk breakfast, kemudian untuk dinner dibuka pada pukul 18.30 Wita sampai dengan
21.30 Wita.
Di
outlet ini ada 4 shift yang digunakan, yaitu :
a.
Morning Shift
(M3) = 06.00 Wita s/d 15.00 Wita
b.
Morning Shift
(MM) = 05.30 Wita s/d 14.30 Wita
c.
Split Shift
(SS2& SS3) = 07.00 Wita s/d 10.00 Wita,
dan
18.00 Wita s/d 23.00 Wita
d.
Aternoon Shift
(A2) = 14.00 Wita s/d 23.00 Wita
SOP (Standar Oprasional Proscedur)
untuk di Don Biu Restaurant.:
a.
Morning Shift (M3)
1)
Membersihkan
meja untuk di setup;
2)
Setup table untuk breakfast berupa placemat,
dinner fork, dinner knife, napkin, saucer, cup, teaspoon, salt and pepper
shaker, sugar bowl, flower vase sesuai dengan prosedur;
3)
Menyiapkan
side stand untuk operasional;
4)
Menyiapkan
clear up trolley;
5)
Membuat coffee and tea;
6)
Handling breakfast;
7)
Clear up meja tamu bila ada piring dan gelas
kotor;
8)
Membersihkan
meja tamu yang sudah selesai dan setup
ulang untuk tamu yang berikutnya;
9)
Bila clear up trolley sudah penuh, clear up trolley dibawa ke steward area untuk dibersihkan;
10) Closing
buffet bila breakfast time sudah berakhir;
11) Mengatur meja untuk dipakai dinner;
12) Melakukan general cleaning di outlet area;
13) Polish
all equipment;
b.
Morning shift (M4)
1)
Membuat coffee and tea untuk keperluan
operasional;
2)
Handling Breakfast;
3)
Clear up meja tamu bila
ada gelas dan piring kotor;
4)
Membersihkan
meja tamu yang sudah selesai dan melakukan setup
ulang untuk tamu berikutnya;
5)
Membawa trolley yang sudah penuh dengan clear up ke steward area untuk dibersihkan;
6)
Melakukan
general cleaning;
7)
Mengatur
meja untuk dinner;
8)
Polishing all equipment;
9)
Mengambil
barang di store yang telah dipesan
oleh senior untuk keperluan breakfast
keesokan harinya;
10) Membantu setup untuk dinner.
c.
Afternoon Shift ( A2 ) :
1)
Membersihkan
semua meja yang akan dipakai untuk dinner;
2)
Setup meja untuk dinner sesusai
dengan themes buffetdinner hari itu,
karena themes dinner selalu berubah setiap harinya;
3)
Setup table untuk Al’a Carte berupa dinner
fork, dinner knife, napkin, B & B plate,
B & B knife, salt and pepper shaker, toothpick,
flower vase, electric candle;
4)
Menyiapkan
dinner plate, soup cup, dessert plate,
dan cutteleries untuk di tata di buffet bila ada themes buffet dinner;
5)
Menyiapkan
drink list dan food menu;
6)
Menyiapkan
wine cooler;
7)
Mendistribusikan
cuteleries di setiap side stand untuk dipakai breakfast keesokan harinya;
8)
Menyiapkan
clear up trolley untuk operasional;
9)
Mengambil roti di pastry
untuk tamu yang ingin Al’a Carte saat dinner time;
10) Handling
dinner;
11) Bila clear trolley sudah penuh dengan peralatan kotor, bawa ke steward area untuk dibersihkan;
12) Closing
buffet dengan
mengambil semua peralatan buffet bila
ada themes buffet dinner pada malam
itu;
13) Setup
table untuk breakfast untuk keesokan harinya;
14) Setup
dinner plate, dessert plate, dansoup cupdi buffet untuk
digunakan keesokan harinya.
GAMBAR 3.1
STANDARD SET UP BREAKFAST AT DONBIU RESTAURANT
6
Keterangan :
1.
Plasmate
2.
Dinner fork
3.
Napkin
4.
Dinner knife
5.
Salt & peper, sugar
6.
Tea cup + saucer + tea spoon
7.
Table number
8.
Vas flower
Gambar 3.2
STANDAR
SETUP DINNER DI DONBIU RESTAURANT
Keterangan
:
1.
Napkin
2.
Dinner Fork
3.
Dinner Knife
4.
Dinner Spoon
5.
Salt and Paper
6.
Table number
7.
Vas Flower
Gambar 3.3
LAYOUT BUFFET FOR BREAKFAST
Gambar 3.4
LAYOUT BUFFET FOR DINNER
d.
Prosedur
Kerja
1)
Handling Breakfast
a)
Welcoming and greeting the guest with
smile;
b)
Tanyakan
nomor kamar tamu supaya bisa memasukan data tamu ke micros system;
c)
Escort tamu ke meja yang diinginkan;
d)
Seating the guest and unfolding napkin;
e)
Offering coffee and tea;
f)
Pouring coffee or tea. Always pouring
coffe and tea from the right side of the guest;
g)
Clear up the dirty plate, cup and
glass. Always excuse before clear up the guest’s table. Ensure the guest’s
table always clean from dirty crumb and dirty plate, cup and glass;
h)
Asking for the satisfaction of the
guest;
i)
Farewell the guest with smile.
2)
Handling dinner
1)
Greeting the guest with smile;
2)
Check the reservation of guest;
3)
Escort the guest to the table;
4)
Unfolding the guest’s napkin;
5)
Present the beverage list and upsell
the beverage;
6)
Present the food menu and always upsell;
7)
Take the beverage order and repeat the order;
8)
Serve beverage to the guest;
9)
Take the food order of the guest and
repeat the food order;
10)
Presenting wine list to the guest and
upsell the wine;
11)
Adjust cutelry;
12)
Serve bread from left side of guest;
13)
Take the wine order and repeat the wine
order;
14)
Served the wine to the guest;
15)
Serve the food start from entrees;
16)
Clear up the dirty plate;
17)
Serve the main course;
18)
Clear up the dirty plate and all
unecessery thing on table;
19)
Offer for dessert and presenting dessert
menu;
20)
Take the dessert
order and repeat the order;
21)
Adjust cutelry for
dessert;
22)
Clear up the dirty
plate and unecessery thing on table;
23)
Ask for the
statifaction of the guest;
24)
Give the guest’s
bill and make sure the bill is corerct;
25)
Farewell the guest
with smile.
3) Standar
operasional prosedur serving hot / iced
coffe & tea :
a)
Greeting tamu
yang datang ke Don Biu Restoran “good
morning / evening sir/madam?”
b)
Menanyakan tamu dengan sopan “how may I assist you sir/madam? ”;
c)
Bila tamu ingin memesan coffe or tea, persilahkan tamu untuk duduk;
d)
Berikan drink
list coffe & tea ke tamu (drink
list coffe & tea ada di halaman lampiran);
e)
Take the order
pesanan tamu dengan menanyakan “what
would you like hot / iced coffee or tea sir/madam”;
f)
Repeat the order;
g)
Laporkan pesanan tamu pada senior untuk di buatkan bill;
h)
Info ke barista/bartender untuk dibuatkan coffee atau tea sesuai dengan pesanan tamu
i)
Serve coffee or
tea ke tamu;
j)
Persilahkan tamu untuk menikmati coffee or tea;
k)
Berikan bill
kepada tamu, bisa dibayar cash, credit
card ataupun room charge.
2.
Sport
and Recreation Activity
Begitu juga di Sport Recreation yang dimana Lagoon Pool
dibuka dari jam 07.00 Wita sampai 20.00 Wita, Main Pool dibuka dari jam 07.00 Wita sampai 20.00 Wita Infinity Pool buka dari jam
08.00 Wita
sampai 20.00 Wita dan Family Pool buka dari jam 09.00 Wita sampai 18.00 Wita.
Untuk pembagian shift kerja pada
outlet
ini :
a. Morning Shift :
06.00 Wita s/d 15.00 Wita dan
08.00 Wita s/d 17.00 Wita
b. Afternoon Shift : 12.00 Wita s/d 20.00 Wita
SOP (Standar Oprasional Prosedur) untuk di Sport and
Recreation Activity:
a. Morning Shift;
1) Mengambil pool towel
di laundry;
2) Prepare pool
towel counter;
3) Cleaning and
check around pool
area;
4) Open mattrass , umbrella, dan
mengelap mattrass;
5) Mengambil papan sign
pool close, dan pool
sudah bisa dioprasikan;
6) Set-up for
yoga class;
7) Serve guest towel;
8) Membuat logbook kegiatan
di morning shift;
9) Membersihkan lapangan
tenis.
b. Afternoon Shift
1) Mengambil pool towel
di laundry.
2) Cleaning and
check around pool
area.
3) Mengadakan games di pool (hanya untuk
di main pool).
4) Closing time
double check pool area dan
memasang papan sign pool
close.
3. Room
Service
Periode
praktik kerja industri di Room Service
penulis mendapatkan 3 shift kerja yaitu :
a. Morning shift ( M7 ) :
Mulai dari pukul 09:00 Wita - 18:00 Wita
b. Morning shift ( M0 ) : Mulai dari
pukul 12:00 Wita – 21:00 Wita
c. Afternoon shift ( A2 ) : Mulai dari pukul 14:00 Wita -
23:00 Wita
SOP (Standar Oprasional Prosedur) untuk
di Room Service :
a.
Morning Shift (M7)
1)
Prepare perlengkapan dan peralatan di room service;
2)
Mempersiapkan perlengkapan alat untuk handling breakfast;
3)
Mempersiapkan welcome
fruit untuk tamu yang akan check in;
4)
Handling lunch.
b.
Middle shift (M0)
1)
Handling guest order for lunch;
2)
Membantu untuk mengirim welcome fruit atau welcome
cake;
3)
Prepare
perlengkapan alat untuk waktu dinner;
4)
Memastikan clear up
semua sudah diambil dari kamar tamu.
c.
Afternoon shift ( A2 ) :
1)
Prepare perlengkapan alat untuk dinner seperti kelengkapan cutleries,napkin, highball glass, bread;
2)
Handling special
request jika tamu order sebelumnya seperti acara makan malam
keluarga, BBQ party, kids party;
3)
Check clearupdi setiap
area , K block, NS Area,NU area dan family block;
4)
Handling dinner
time;
5)
Prepare
perlengkapan alat untuk breakfast.
Gambar 3.5
SETUP BREAKFAST ROOM SERVICE
3 1
Keterangan
:
1. Tray
2. B & B Plate
3. Napkin
4. Tea Spoon
5. Dinner Fork
6. Dinner Knife
7. Dessert Spoon
8. Saucer
9. Cup
10. Tea Jug
11. Coffee Jug
12. Sugar
13. Milk Jug
Gambar 3.6
STANDAR SETUP DINNER OR LUNCH FOR ROOM SERVICE
Keterangan :
1.
Tray
2.
Bnb Plate
3.
Napkin
4.
Dinner Knife
5.
Dinner Fork
d.
Prosedur
Kerja
1)
Mengirim
makanan atau minuman ke kamar tamu (Serving
Meals);
2)
Knock the door and mention your
department when delivering the food or beverage. Do it for maximum 3 times;
3)
Place the tray on the table and ask the
guest to sign the bill;
4)
Before leaving ask the guest to call guest
service center for clear up;
5)
Please close the door gently when
leaving the guest room.
C.
Hubungan Kerja Sama Food & Beverage Service dengan Departement Lainnya
Hubungan kerjasama antara satu departemen
dengan departemen lainnya pasti akan terjadi di suatu hotel, begitu pula di
Padma Resort Legian. Oleh karena itu untuk bisa mencapai kesuksesan dalam
operasional pelayanan makanan dan minuman kepada tamu di masing-masing outlet restoran di hotel maka diperlukan
kerjasama yang baik dengan departemen lainnya. Hubungan kerjasama antara departemen Food and Beverage Service dapat terjalin dengan departemen lainnya.
Departemen tersebut adalah Front Office
Department, Housekeeping Department, F&B Product (Kitchen), Accounting
Department, Engineering Department, Purchasing Department, Human Resources
Development.
Berikut contoh-contoh kerjasama yang terjadi
antara Food and Beverage Service dengan
departemen lainnya :
1.
Hubungan
kerjasama anatara Food and Beverage
Service Department dan Front Office Department:
a. Front Office Department akan selalu
memberikan data tamu yang check in, check
out, dan yang masih menginap dan juga nomor kamar tamu;
b. Front Office Department akan memberi tahu
alergi tamu terhadap jenis makanan tertentu kepada F & B Service Department
supaya bisa diantisipasi;
c. F & B Service Department akan menyiapkan welcome drink untuk Front Office Department yang nantinya diberikan kepada tamu yang
baru datang;
d.
Front Office
Department akan memberi tahu tentang tamu VIP yang sedang menginap
dan tamu berkebutuhan khusus lainnya;
2.
Hubungan
kerjasama Food and Beverage Service
Department dengan Housekeeping Department:
a.
Pengadaan linen
yang digunakan disetiap operasinal di outlet restoran, seperti: napkin, table cloth, cover chair dan
skirting oleh Housekeeping Department.
b. Kerjasama
antara F & B Department dengan Housekeeping Department mengenai kebersihan area restoran yang
biasanya dikerjakan oleh Public Area
yang merupakan section dari Housekeeping Department;
c.
Housekeeping memberitahukan
tentang keadaan peralatan room service yang
tertinggal di kamar untuk clear up;
d. Pemberitahuan informasi tentang event tertentu seperti wedding agar housekeeping khususnya bagian florist
untuk menyiapkan tatanan bunga dan dekorasi lainnya;
e. Pemberitahuan
informasi lost and found pada Housekeeping Department;
3.
Hubungan
kerjasama antara Food and Beverage
Service Department dengan Food and
Beverage Product Department:
a. Pemberian informasi tentang penyiapan
dan pembuatan makanan pada kitchen.
b. Memberitahukan kepada kitchen mengenai makanan yang sudah
habis di buffet table agar diisi
kembali oleh staff kitchen;
c. Berkoordinasi tentang penyiapan untuk breakfast, lunch dan dinner ataupun event tertentu seperti wedding
ataupun meeting;
d. Memberi informasi pada
Pastry mengenai penyediaan kue untuk
ulang tahun;
e. Berkoordinasi
dengan kitchen tentang set up meja buffet sesuai hidangan yang
akan disediakan;
4.
Hubungan
kerjasama antara Food and Beverage
Service dengan Accounting Department:
a.
Pemberian
informasi mengenai harga makanan dan minuman;
b.
Memberikan
informasi tentang pembuatan bill kepada
FB Chasier;
c.
Pemberitahuan
tentang cost control seperti :
pengeluaran / beban dan pendapatan dari restoran;
d.
Penyediaan
staf kasir di masing-masing restoran dan bar;
5.
Hubungan
kerjasama antara Food and Beverage
Service Department dengan Engineering
Department:
a.
Mempersiapkan
sound system yang digunakan di
restoran untuk memutar background
musik;
b.
Pemberian
informasi mengenai kerusakan di area kerja seperti lampu mati, AC / kulkas
kurang dingin, pipa air yang bocor dan lainnya;
c.
Enginering melakukan pengontrolan mengenai
mesin-mesin yang berkaitan dengan operasional makanan dan minuman seperti
melakukan kontrol terhadap mesin pembuat es, mesin kopi, mesin pemanas dan lain
sebagainya;
d.
Melakukan pemasangan lighting
dan sound system bila ada event di restoran.
6.
Hubungan
kerjasama antara Food and Beverage Department
dengan Purchasing Department:
a.
Melakukan pembelian barang-barang yang dibutuhkan di
restoran;
b.
Mencatat pemesanan barang yang dibutuhan untuk operasional;
c.
Melakukan invertory
barang khususnya barang-barang yang berkaitan dengan makanan dan minuman.
7.
Hubungan
kerjasama antara Food and Beveagare Department
dengan Human Resource Department:
a.
Berkoordinasi mengenai perekrutan karyawan, daily worker, maupun trainee;
b.
Memberikan informasi tentang staff dan trainee yang berprestasi maupun yang
bermasalah;
c. Mendatangkan
pengajar bahasa asing untuk mengajarkan kursus bahasa asing kepada staff di Food and Beverage Department.
D. Kondisi yang
Mendukung dan Kendala atau Hambatan dalam Pelaksanaan Praktek Kerja Indrustri
di Food Beverage Service
1.
Kondisi
yang mendukung dalam pelaksanaan praktik kerja industri diantaranya :
a.
Senior sangat membebaskan penulis dalam belajar
menangani tamu;
b.
Staf yang bersahabat dalam membimbing penulis selama training;
c.
Adanya berbagi jenis pelatihan untuk mengetahui
standar yang ada di hotel seperti pelatihan cara membuat kopi, pelatihan SOP,
pelatihan standar grooming dan
pelatihan lainnya;
d.
Lingkungan yang bersih seperti: loker yang bersih
sangatlah berpengaruh terhadap kelancaran dalam praktik kerja industri ini,
tempat parkir yang aman dan nyaman;
e.
Program pelatihan seperti lotus day dan training
gathering sangatlah menunjang untuk mengevaluasi keberhasilan maupun
kekurangan kita selama training dalam
praktik kerja industri ini;
f.
Team work dari senior yang
sangat baik.
2.
Kendala
dalam pelaksanaan praktik kerja industri diantaranya :
a.
Menemui hambatan saat berkomunikasi dengan tamu Jepang dan China yang tidak bisa berbahasa Inggris;
b. Kurangnya pengetahuan
tentang bahasa dan lokasi sekitar yang biasanya ditanyakan oleh tamu;
c. Pada saat occupancy tinggi, mengalami kesulitan
dalam operasional dengan banyaknya tamu yang datang tetapi kurangnya meja untuk
operasional sehingga tamu banyak mengantri di depan;
d. Terbatasnya gelas, cup, saucer, tea spoon, egg stand dan
peralatan lainnya sehingga pada saaat tamu ramai tidak ada pilihan lain, trainee harus fokus mempolis dan mencari
perlengkapan saja.
E. Upaya Penyelesaian Kendala
Hal-hal yang bisa penulis upayakan untuk menyelesaikan kendala yang penulis hadapi sebagai berikut:
1.
Penulis
menulis surat yang penulis masukkan ke kotak saran untuk HRD agar tidak
ragu-ragu untuk merekrut staf-staf handal. Agar keluhan kekurangan staf bisa
diatasi dan operasional pun akan berjalan lebih lancar;
2.
Sebisa
mungkin penulis menghormati para senior dan memperbanyak bertanya agar penulis
lebih bisa menguasai apa yang telah penulis kerjakan;
3.
Penulis
berusaha untuk bertoleransi dengan rekan sesama trainee yang berbeda kampus
agar tidak ada perselisihan satu sama lainnya. Penulis juga saling bertukar
pikiran tentang apa saja yang telah diajarkan di kampus dengan rekan sesama
trainee agar saling mengenal dan saling tahu;
4.
Penulis
juga bertoleransi dengan rekan sesama trainee
yang berasal dari luar daerah dengan menggunakan bahasa Indonesia agar mereka
dapat memahami dan mengerti apa yang penulis maksud. Terkadang juga mereka
minta diajarkan berbahasa daerah agar saling belajar berkomunikasi menggunakan
bahasa daerah dengan baik dan benar;
5.
Pada saat
occupancy tinggi sebaiknya waiter/waitress lebih cepat dalam
mensetup kembali agar tamu tidak mengantri di depan.
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Beberapa
hal yang dapat penulis sampaikan dari hasil pelaksanaan Praktek Kerja Nyata
yang penulis laksanakan pada Department
F
& B Service
selama 6 bulan di Padma Resort Legian diantaranya:
1. Melalui
Praktek Kerja Nyata di industri, penulis memperoleh kesempatan untuk menerapkan
ilmu yang telah penulis dapatkan di STP Nusa Dua, Bali;
2.
Dengan
melaksanakan Praktek Kerja Nyata, penulis mendapatkan hal yang penting untuk
memberikan gambaran tentang perbedaan antara teori dan praktek yang penulis
peroleh selama masa perkuliahan dengan keadaan yang sebenarnya di industri;
3.
Penulis
dapat mengembangkan potensi diri di bidang F
& B Service;
4.
Penulis dapat
menjadikan Praktek Kerja Industri sebagai tolak ukur seberapa kemampuan yang
telah penulis dapat pelajari dan dipraktekkan di industri;
5.
Dengan
adanya Praktek Kerja Nyata dapat meningkatkan disiplin diri, waktu, serta
tanggung jawab terhadap tugas-tugas yang diberikan kepada penulis sehingga
dapat meningkatkan kualitas kerja menjadi lebih baik;
6.
Praktek
Kerja Nyata memberikan manfaat yang besar bagi penulis, menambah rasa percaya
diri, mendidik sikap mental, melatih
diri dalam beradaptasi dengan orang-orang yang memiliki watak yang berbeda –
beda dalam lingkungan kerja yang sebenarnya;
7.
Memperoleh
pengalaman lebih tentang dunia pariwisata, memperluas wawasan serta budaya dari
berbagai tamu yang berkunjung.
B. Saran
Disamping
menyampaikan kesimpulan yang penulis dapatkan selama mengikuti Praktek Kerja
Nyata, penulis juga ingin menyampaikan beberapa saran kepada pihak industri,
STP Nusa Dua Bali, dan mahasiswa/i yang akan melaksanaan Praktek Kerja Nyata di
indutsri, diantaranya adalah:
1.
Bagi Pihak Hotel
Padma Resort Legian
a.
Memberikan
pelatihan-pelatihan, ilmu dan pengetahuan yang berhubungan dengan bidang
training yang dijalankan trainee;
b.
Meningkatkan
sarana dan prasarana hotel demi kelancaran operasional hotel;
c.
Menambah
jumlah karyawan agar pelayanan yang diberikan lebih maksimal;
d.
Menambah
jumlah peralatan operasional restoran, untuk memperlancar operasional;
e.
Memperbaiki
fasilitas untuk para staf, seperti : meningkatkan kualitas dari makanan kantin
dan loker.
2.
Bagi pihak Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali
a.
Lebih memperluas lagi jaringan pelaksanaan Praktek
Kerja Nyata dengan perusahaan atau hotel di dalam maupun di luar negeri;
b.
Mempermudah proses untuk program training ke luar negeri.
c.
Lebih melengkapi sarana dan fasilitas yang diperlukan
dalam pembelajaran teori maupun praktek, sehingga mahasiswa/i yang akan terjun
ke dunia industri dapat lebih siap untuk bersaing.
3.
Bagi Mahasiswa/i yang akan melaksanakan Praktek Kerja Nyata
a.
Bagi
mahasiswa/i yang akan melaksanakan Praktek Kerja Nyata diharapkan mempersiapkan
diri secara matang terutama pengetahuan mengenai bidang training yang akan dijalankan;
b.
Mahasiswa/i
yang akan menjalani Praktek Kerja Nyata diharapkan bersungguh – sungguh, memiliki disiplin diri, waktu dan tanggung
jawab yang besar terhadap pekerjaan yang diberikan;
c.
Menjadikan
masa Praktek Kerja Nyata untuk menunjukkan kualitas diri dan profesionalisme
secara teori maupun praktek yang akan berguna di masa yang akan datang, karena
melihat peluang kerja pada saat ini sangatlah sulit;
d.
Lebih
meningkatkan kemauan untuk belajar di industri dan mencari lebih banyak
pengetahuan di bidang yang ditekuninya.
No comments:
Post a Comment